Selasa, 14 Maret 2023 23:28

Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Sulsel Jalin Kerjasama dengan FKIP UIM

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Sulsel Jalin Kerjasama dengan FKIP UIM

Berdasarkan hasil kesepakatan itu, beberapa hal yang akan dikerjasamakan, seperti, pengembangan keprofesian guru berkelanjutan guru berkelanjutan, pengembangan madrasah berbasis digital dan riset serta pelaksanaan PPG untuk guru madrasah.

RAKYATKU.COM -- Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel menandatangani kerjasama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar yang di saksikan seluruh kepala Madrasah Sulsel di lantai 5 Grand Town Hotel Maros, Selasa, (14/3/2023).

Berdasarkan hasil kesepakatan itu, beberapa hal yang akan dikerjasamakan, seperti, pengembangan keprofesian guru berkelanjutan guru berkelanjutan, pengembangan madrasah berbasis digital dan riset serta pelaksanaan PPG untuk guru madrasah.

Selain itu, komitmen madrasah dalam terus mengembangankan kompetensi alumni madrasah kejenjang pendidikan yag lebih tinggi.

Baca Juga : 13 Jemaah Haji Embarkasi Makassar Meninggal di Arab Saudi, Ini Daftar Lengkapnya

Dalam sambutannya Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Muhammad Tonang mengucapkan terima kasih kepada Dekan FKIP UIM yang telah bersedia melakukan kerjasama.

Tonang mengapresiasi FKIP UIM yang terus mengembangkan dan menyiapkan sumber daya guru dalam mengembangkan pendidikan khususnya madrasah di Sulsel, salah satunya adalah beberapa dosen FKIP UIM yang telah menjadi instruktur nasional madrasah program PKB Madrasah Reform dan instruktur visitasi AKMI Kemenag serta menjadi asesor BAN S/M.

"Melalui MoU ini, saya berharap kepada para kepala Madrasah di seluruh Sulsel menyambut dan menindaklanjuti kerjasama ini. Hal itu penting, agar ada sinergitas madrasah dengan kampus dapat berkolaborasi dengan baik untuk memajukan pendidikan di madrasah," jelas Muhammad Tonang.

Baca Juga : Jemaah Haji Kloter Perdana Gelombang Kedua Embarkasi Makassar Berangkat Pakai Ihram

Dekan FKIP UIM Badruddin Kaddas menyampaikan terima kasih kepada kepala Bidang Pendidikan Madrasah yang telah memberikan kepercayaan kepada FKIP UIM untuk menjalin kerjasama.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Agama Sulsel yg bersedia bekerjasama dengan FKIP UIM memajukan Pendidikan khususnya Pendidikan Madrasah di Sulsel," jelas Badruddin Kaddas.

Badruddin juga mengucapkan terima kasih kepada kepala Kanwil Agama Sulsel serta seluruh jajaran yg telah memberikan kehormatan yang luar biasa kepada FKIP UIM untuk bekerjasama dan bersinergi dalam mengembangkan pendidikan Madrasah.

Baca Juga : 20 Tahun Nantikan Anak, Calon Jemaah Haji Asal Bone Batal Berangkat karena Hamil

Badruddin menambahkan bahwa sejauh ini madrasah di Sulsel telah menorehkan berbagai prestasi di kanca nasional maupun di internasional.

Olehnya itu kata Badruddin, FKIP UIM ingin mengapresiasi capaian para peserta didik itu dengan memberikan bebas tes masuk ke FKIP UIM. Selain itu, para guru madrasah di Sulsel juga akan difasilitasi untuk lanjut di pascasrjana UIM.

Badruddin juga memperkenalkan UIM khususnya FKIP dan pascasarjana UIM. FKIP membina 5 jurusan untuk strata satu dan satu profesi, yakni: 1) S.1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2) S.1 Pendidikan Bahasa Inggris, 3) S.1 PGSD, 4) S.1 Pendidikan Guru PAUD, 5) S.1 Pendidikan Teknologi Informasi dan 6) Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Baca Juga : 20 Hotel Setara Bintang 3 Siap Sambut Jemaah Haji Embarkasi Makassar di Makkah

Kepala Kanwil Agama Sulsel, Drs Khaeroni, dalam sambuatannya sekaligus membuka kegiatan Rakor, menyampaikan bahwa madrasah semakin maju dan semakin naik daun.

Dia menambahkan madrasah sudah menjadi pilihan utama di masyarakat. Oleh karena itu tepat kabid pendidikan madrasah mejalin kerjasama dengan FKIP UIM dalam mengembangkan pendidikan madrasah agar bisa semakin memacu prestasinya di kanca internasional khususnya dalam mengembangkan pendidikan berbasis digital dan riset.

#Kemenag Sulsel #FKIP UIM