Sabtu, 18 Februari 2023 08:32

Konsuler Jepang Beri Penghargaan kepada Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penyerahan penghargaan berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Kota Makassar, Jumat (17/2/2023).
Penyerahan penghargaan berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Kota Makassar, Jumat (17/2/2023).

Siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Naurah Mutiah, meraih penghargaan sebagai juara pertama lomba esai persahabatan Jepang Indonesia tingkat SMA sederajat. Penghargaan diterima langsung dari Kepala Konsuler Jepang di Makassar, Yasue Katsunobu.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Konsuler Jepang di Makassar, Yasue Katsunobu, memberikan penghargaan kepada Naurah Mutiah siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga di Hotel Four Points by Sheraton, Jalan Andi Djemma, Kota Makassar, Jumat (17/2/2023).

Pemberian penghargaan itu atas keberhasilan juara pertama lomba esai persahabatan Jepang Indonesia tingkat SMA sederajat. Hal itu pula membuat SMA Islam Athirah Bukit Baruga menjadi salah sekolah yang unggul di bahasa Jepang.

Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga Bidang Kurikulum, Bakry Liwang, bersyukur atas keberhasilan siswa SMA Islam Athirah bukit Baruga juara lomba menulis esai persahabatan Indonesia Jepang tingkat SMA/SMK.

Baca Juga : Dua Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Lolos di Universitas Indonesia

"Hal ini tentu tidak lepas dari bimbingan guru bahasa Jepang. Untuk diketahui, sudah sejak lama kami memperkenalkan budaya Jepang ke seluruh siswa melalui pembelajaran bahasa Jepang dan bahasa asing lainnya, seperti bahasa Arab, bahasa Prancis, bahasa Jerman," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan terkhusus bahasa Jepang, di SMA Islam Athirah bukit Baruga termasuk bahasa pilihan dengan peminat terbanyak kedua setelah bahasa Arab.

"Dalam penguatan program bahasa dan budaya Jepang pernah mendatangkan native dan juga kunjungan belajar langsung di Konjen Jepang yang ada di Makassar," jelasnya.

Baca Juga : SMA Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Program Super Intensive Persiapan UTBK 2023

Untuk itu, ia berharap tahun ini karena berhasil juara dan mendapatkan piala bergilir Konjen Jepang dan Pemprov Sulsel, maka tentu menjadi penyemangat untuk dipertahankan.

"Hasil pencapaian ini senantiasa memotivasi siswa untuk belajar bahasa dan budaya Jepang baik melalui program kurikuler maupun kokurikuler," ucapnya.

Sementara, pembina sekaligus guru bahasa Jepang SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Musyorafah, mengatakan Naurah menulis secara mandiri terkait ide tulisan dan mengirim ke surel atau email yang ada di pamflet lomba esai.

Baca Juga : SMA Islam Athirah Bukit Baruga Juara Futsal Se-Athirah

"Saya menjelaskan terkait juknis pada seluruh siswa pada pelajaran bahasa Jepang. Selain itu, menjelaskan pilihan tema yang ada dan selebihnya ananda yang menulis secara mandiri dan ananda semakin banyak membaca dan update terkait isu terkini, khususnya tentang persahabatan Jepang dan Indonesia," bebernya.

Dia berharap prestasi menjadi pemicu siswa makin banyak yang berpartisipasi pada ajang itu. "Semoga semakin banyak peserta didik di SMA Islam Athirah yang berpartisipasi dalam lomba esai persahabatan Jepang dan Indonesia," harapnya.

Diketahui, SMA Islam Athirah Bukit Baruga keluar sebagai juara pertama, disusul SMK Laniang Makassar peringkat kedua, dan SMAN 2 Soppeng menduduki peringkat ketiga.

Baca Juga : Enam Pelajar Raih TOEFL Tertinggi, SMA Islam Athirah Bukit Baruga Beri Sertifikat

Laporan: Muhammad Syafitra
Tim Web SMA Islam Athirah Bukit Baruga

#SMA Islam Athirah Bukit Baruga #Bahasa Jepang #Kantor Konsuler Jepang di Makassar