Selasa, 07 Februari 2023 18:05

Judas Amir Masuk Nominasi Peraih Satyalancana Wira Karya, Tim Penilai Mulai Verifikasi Lapangan

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Judas Amir Masuk Nominasi Peraih Satyalancana Wira Karya, Tim Penilai Mulai Verifikasi Lapangan

Wali Kota Palopo, M Judas Amir adalah satu dari tiga kepala daerah di Provinsi Sulsel yang masuk nominasi peraih Satyalancana Wira Karya dari Presiden Jokowi.

PALOPO -- Wali Kota Palopo, M Judas Amir mendampingi Tim Penilai Satyalancana Wira Karya Bidang Pemerintahan dalam Pengelolaan, Pengembangan dan Pembangunan Kelautan yang mulai melakukan verifikasi, pada Selasa, 7 Februari 2023. 

M Judas Amir adalah satu dari tiga kepala daerah di Provinsi Sulsel yang masuk nominasi peraih Satyalancana Wira Karya dari Presiden Jokowi. 

Pada tahap verifikasi ini, tim penilai mengunjungi dua lokasi. Yakni sentra pengelolaan rumput laut di Kelurahan Temmalebba, Kecamatan Bara dan pabrik pembuatan biostimulan rumput laut di Kelurahan Benteng, Kecamatan Wara Timur.

Baca Juga : Pemkot Palopo dan Bank Sulselbar Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Dalam kunjungan itu, tim penilai berdialog dengan kelompok pemberdayaan masyarakat budidaya rumput laut dan para pelaku pembudidaya polikultur rumput laut. 

"Karena Satya Lencana ini akan diberikan oleh Bapak Presiden, sehingga tentunya juga kita akan mengecek sejauh mana Kota Palopo memberikan suatu ide dan inovasi daerah untuk mensejahterakan masyarakatnya," papar Ketua Tim Verifikasi Lapangan Brigjen Pol R Adang Ginanjar.

Dijelaskan, pihaknya akan mengumpulkan data lapangan dan masukan dari warga terkait. Masukan itu nantinya akan disampaikan kepada tim di pusat yang berkaitan dengan penghargaan yang akan diterima nanti oleh daerah maupun kota-kota.

Baca Juga : Pemkot Palopo Siapkan 43 Hektar Lahan untuk Gerakan Budidaya Pisang

Andi Supriadi, salah satu anggota tim menambahkan bahwa inti dari kunjungi lokasi Wira Karya adalah outcome atau dampak pemanfaatan.

"Jika memang nanti bisa dibuktikan adanya peningkatan kesejahteraan sebagai outcome dari jasanya bapak wali kota, insya Allah itu bisa kita ajukan kepada ketua dewan GTK, yang dijabat Menkopulhukam, Mahfud MD," paparnya.

"Menkopulhukam sangat konsen sekali mengenai adanya pimpinan atau kepala daerah yang bisa meningkatkan potensi diwilayahnya masing-masing sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," lanjut dia.

Baca Juga : Pj Wali Kota Palopo Lepas Bantuan Pangan Pemerintah

Sementara itu,  Wali Kota Palopo M Judas Amir pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada para petani pembudidaya rumput laut dan Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Palopo.

"Apa yang kita kerjakan bersama, setiap tahun kita benahi masalah bersama, apa yang masyarakat butuhkan sedikit demi sedikit kita berikan. Alhamdulillah, inilah hasilnya," kata wali kota.

Dijelaskan, sektor kelautan di Palopo menjadi salah satu faktor dalam mengendalikan inflasi, utamanya saat pandemi Covid-19. 

Baca Juga : Penjabat Walikota Palopo Hadiri Pelantikan Pengurus Jatman

"Setelah saya analisia sumber kehidupan di Kota palopo, terutama terkait pada saat covid-19, di Palopo ini, masih kita pertahankan inflasi yang terbaik untuk Sulawesi Selatan dan salah satu penyebabnya adalah bersumber dari sini, nelayan kita. Dan itu tentu saya harus berterima kasih kepada teman-teman semua," tandasnya.

Pada kunjungan itu, turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza DP,  sejumlah pimpinan perangkat daerah Kota Palopo, dan camat.

#pemkot palopo #Judas Amir