Senin, 30 Januari 2023 16:59

Kabupaten Wajo Siap Masuk Jejaring Kota Sehat Se-Asia Tenggara

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo, Amran Mahmud (kiri), dan Wakil Bupati Wajo, Amran (kanan).
Bupati Wajo, Amran Mahmud (kiri), dan Wakil Bupati Wajo, Amran (kanan).

Hanya ada 10 daerah di Indonesia yang masuk identifikasi Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), Kabupaten Wajo salah satunya dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

RAKYATKU.COM, WAJO - Kabupaten Wajo di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud-Amran, tengah bersiap masuk dalam jejaring Kota Sehat atau Healthy City se-Asia Tenggara (ASEAN).

Hanya ada 10 daerah di Indonesia yang masuk identifikasi Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), Wajo salah satunya dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wajo, Armin, yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. "Informasinya, hanya ada 10 daerah di Indonesia yang saat ini diidentifikasi oleh WHO Asia Tenggara. Kabupaten Wajo merupakan salah satunya dari Sulsel," ujar Armin, Senin (30/1/2023).

Baca Juga : Penamatan Umum 1.391 Santri Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang

Eks Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siwa ini mengaku, melalui virtual beberapa waktu lalu pengampuh WHO untuk ASEAN telah membimbing Wajo untuk mendaftar menjadi anggota atau peserta kejaring Kota Sehat se-ASEAN.

"Saat ini kita menunggu respons dari WHO sambil mempersiapkan kelengkapan lain yang dibutuhkan untuk tahap selanjutnya," kata Armin Armin.

Armin menjelaskan, ada beberapa kelebihan yang diperoleh ketika sudah menjadi peserta atau anggota jejaring Kota Sehat se-ASEAN, yaitu akan dilibatkan dalam tiap kegiatan yang dilakukan WHO.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Serahkan Ranperda LKPJ ke DPRD

"Juga segala kebijakan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat akan mendapat dukungan dan atensi dari WHO," jelasnya.

Armin mengaku, pihaknya bersama seluruh pengurus dan tim pembina Kabupaten/Kota Sehat Wajo bekerja sama seluruh pemangku kebijakan terkait akan mempersiapkan dengan baik segala sesuatu yang dibutuhkan.

"Apalagi, Bapak Bupati sudah menginstruksikan, baik pada Rakorda (Rapat Koordinasi Daerah) Kabupaten Wajo maupun Rakorda Bidang Kesehatan yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kita berharap semua pihak dan tentunya masyarakat juga turut mendukung upaya ini," harapnya.

#pemkab wajo #Dinas Kesehatan Wajo