Kamis, 26 Januari 2023 18:34

Partai Demokrat Resmi Dukung Anies Baswedan Pada Pilpres 2024

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Anies Baswedan (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berada di Kantor DPP Partai Demokrat, Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022). (Foto: Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)
Anies Baswedan (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berada di Kantor DPP Partai Demokrat, Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022). (Foto: Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra)

"Terkait bakal calon presiden (bacapres), sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bacapres 2024. Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan,”

RAKYATKU.COM - Partai Demokrat secara resmi mengumumkan akan mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam keterangan yang diterima awak media pada Kamis, 26 Januari 2023 menyampaikan dukungan tersebut.

Demokrat pun mengajak calon mitra koalisinya Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk segera membentuk Sekretariat Perubahan.

Baca Juga : Pakar HTN: Pilpres Satu Putaran Sulit Terwujud

"Terkait bakal calon presiden (bacapres), sudah ada kesamaan cara pandang dari ketiga partai untuk mengusung Anies Baswedan sebagai bacapres 2024. Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan,” ujarnya.

AHY menyebut, pihaknya menghormati pilihan NasDem untuk sepenuhnya menyerahkan pemilihan bakal calon wakil presiden kepada Anies. Demokrat dan PKS yang mengajukan calon pun dianggap wajar.

"Demokrat dan PKS masing-masing memiliki aspirasi kader utamanya sebagai Bacawapres. Sebagai aspirasi selaku calon anggota koalisi, itu wajar,” jelas AHY.

Baca Juga : Anies Dijadwalkan Kampanye di Parepare, TKD Siap Turunkan 150 Ribu Massa

AHY berharap diskusi terkait bacawapres tersebut tidak menghambat pembentukan koalisi.

"Jangan sampai faktor penentuan Bacawapres ini justru menjadi hal yang menghambat bagi terbentuknya Koalisi Perubahan. Untuk itu, Demokrat akan mengajak PKS agar menyerahkan keputusan Bacawapres kepada Bacapres yang kita usung. Dengan demikian, tiga partai memiliki kesetaraan yang sama dalam koalisi,” sebut AHY.

Dikatakan, koalisi yang terbentuk antara Demokrat, PKS, dan Nasdem memiliki tujuan bukan untuk politik transaksional dan pragmatisme.

Baca Juga : Dapat Dukungan Penuh dari Kalangan Pengurus Masjid di Kota Makassar, Caleg DPR RI Subhan Mappaturung Siap Melangkah ke Senayan

"Koalisi Demokrat, PKS, dan Nasdem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, senasib dan seperjuangan untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” katanya.

 

#Anies Baswedan #nasdem #demokrat #PKS