Minggu, 22 Januari 2023 14:40

Tahun Baru Imlek 2574/2023, Gegana Polda Sulsel Sterilkan Wihara

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tahun Baru Imlek 2574/2023, Gegana Polda Sulsel Sterilkan Wihara

sterilisasis dilakukan terutama di kelenteng yang ramai di Makassar

RAKYATKU.COM - Tim Datasemen Jibom dan Kimia, Biologi, dan Radioaktif (KBR) Satuan Brimob Polda Sulsel melakukan sterilisasi 11 wihara dan kelenteng di Makassar Perayaan Tahun Baru Imlek 2574/2023.

Dansat Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Heru Novianto mengatakan sterilisasis dilakukan terutama di kelenteng yang ramai di Makassar. Satu unit tim Gegana disiagakan di dekat Kelenteng Xiang Ma Jalan Sulawesi Makassar, tiga unit lainnya tetap berpatroli di sejumlah lokasi wihara dan kelenteng yang ada di Kota Makassar.

"Kita prioritaskan ada empat kelenteng yang ramai-ramai di sini karena ibadahnya sampai pukul 01.00 Wita. Semua kita lakukan untuk menjaga situasi dan kondisif bagi yang menjalankan ibadah," kata Kombes Pol Heru Novianto, Santu 21/1/2023.

Baca Juga : Bermalam di Maxone Hotel Dapat Angpao

Dikatakan, tim yang diturunkan akan melakukan melakukan deteksi dini jika ditemukan benda yang mencurigakan selama perayaan imlek. Ada empat unit, dua detasemen dari Jinbom dan dua KBR termasuk pasukan pengurai massa yakni Batalyon Pelopor Brimob Polda Sulsel.

"Apabila ditemukan benda mencurigakan dan tidak sesuai di kelenteng maka kita upayakan melakukan tindakan screening, kemudian kita bongkar barang yang dianggap membahayakan itu," tambahnya.

Sterilisasi juga nanti akan dilakukan tanggal 5 Januari saat perayaan Cap Go Meh. Dimana sejumlah jalur sepanjang Jalan Sulawesi hingga Jalan Riburane akan ditutup.

Baca Juga : Sambut Tahun Baru Imlek 2024, Klenteng Kwang Kong Gelar Beberapa Ritual

"Informasi wakapolres jalur ini ditutup khusus acara Cap Go Meh, ada jajanan makanan, pergelaran barongsai dan lainnya," katanya.

#Imlek