Jumat, 09 Desember 2022 10:47

Spanyol Tersingkir di Piala Dunia, Luis Enrique Meninggalkan Posisi Pelatih

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Luis Enrique. JAVIER SORIANO/AFP via Getty Images
Luis Enrique. JAVIER SORIANO/AFP via Getty Images

FA Spanyol telah menawarinya perpanjangan kontrak sebelum Piala Dunia tetapi Luis Enrique menunda keputusan itu sampai setelah turnamen

RAKYATKU.COM - Spanyol mengumumkan kepergian Luis Enrique sebagai pelatih tim nasional pada Kamis. Kergian tersebut menyusul kekalahan mengejutkan dalam adu penalti pada Selasa dari Maroko di babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Mantan manajer Barcelona yang kontraknya dengan Spanyol akan berakhir bulan ini bertanggung jawab penuh atas tersingkirnya timnya lebih cepat dari yang diperkirakan dari turnamen.

FA Spanyol telah mengumumkan nama manajer Spanyol U-21 Luis de la Fuent sebagai pengganti Luis Enriquee. De la Fuente, 61 memiliki sejumlah prestasi gemilang yakni membimbing tim U-19 Spanyol meraih gelar Kejuaraan Eropa pada 2015 dan memimpin tim U-21 meraih kehormatan yang sama pada 2019, saat ia bertanggung jawab atas tim yang memenangkan medali perak di Olimpiade Tokyo tahun lalu. .

Baca Juga : Messi Bagikan iPhone Emas Kepada Tim dan Staf Timnas Argentina

Sebuah pernyataan dari FA Spanyol mengatakan: "RFEF ingin berterima kasih kepada Luis Enrique dan seluruh staf pelatihnya yang memimpin tim nasional absolut dalam beberapa tahun terakhir.

"RFEF telah memilih Luis de la Fuente sebagai pelatih nasional yang baru. Direktur olahraga, Jose Francisco Molina, telah menyampaikan laporan kepada presiden, Luis Rubiales, di mana dia merekomendasikan pelatih untuk memimpin babak baru yang dimulai setelah Dunia Piala di Qatar.

"Dewan direktur RFEF harus menyetujui pengangkatan Senin depan."

Baca Juga : Messi Ungkap Laga Tersulit Piala Dunia Qatar, Bukan Final Melawan Prancis

Pengumuman kepergian Luis Enrique tidak mengejutkan. Luis Enrique mengatakan setelah kekalahan Selasa dari Maroko setelah bermain imbang tanpa gol bahwa dia akan mendiskusikan masa depannya dengan presiden Federasi Sepak Bola Spanyol Luis Rubiales minggu depan. Namun, tekanan meningkat pada Luis Enrique, dengan penggemar dan media nasional menyerukan pengunduran dirinya setelah apa yang mereka gambarkan sebagai "kegagalan".

Para pemain Spanyol menginginkan Luis Enrique untuk melanjutkan sebagai pelatih dan telah berbicara mendukungnya.

Luis Enrique, 52, membawa Spanyol ke semifinal Euro 2020 dan final Nations League pada 2021, dan baru-baru ini membawa La Roja ke empat besar Nations League 2023.

Baca Juga : FIFA Setujui Opening & Closing Piala Dunia U-20 di Indonesia

FA Spanyol telah menawarinya perpanjangan kontrak sebelum Piala Dunia tetapi Luis Enrique menunda keputusan itu sampai setelah turnamen.

Rubiales memuji komitmen Luis Enrique kepada tim nasional menjelang pertandingan melawan Maroko, dengan mengatakan: "Luis Enrique adalah manajer tingkat atas, yang setuju untuk mengambil alih tawaran yang lemah secara finansial dan menolak tawaran menarik dari klub Inggris. Kami akan berbicara bersamanya setelah Piala Dunia untuk menilai pekerjaan yang sedang dilakukan dan dia akan memiliki kebebasan penuh jika dia ingin pergi. Saya sangat berterima kasih padanya. Dia memperbaharui darah Tim Nasional dengan pemain di bawah usia 20 tahun dan menyatukan kembali semua orang di sekitar tim Spanyol."

Dalam pernyataan yang dipublikasikan di saluran media sosialnya, Luis Enrique berterima kasih kepada FA Spanyol karena telah menunjuk dia, para pemain, yang katanya telah menjadi "teladan dalam perilaku mereka" dan para penggemar. Dia juga mengatakan tim nasional membutuhkan "dukungan" untuk memungkinkan De la Fuente berhasil saat memimpin Spanyol.

Baca Juga : Pelatih Argentina Yakin Messi Masih Bisa Bermain di Piala Dunia 2026

Semuanya dimulai empat tahun lalu dan betapa cepatnya waktu berlalu, kata Luis Enrique.

"Saya hanya bisa sangat berterima kasih kepada mereka yang menunjuk saya dua kali (presiden Rubiales dan direktur olahraga Molina).

"Bagaimana mungkin saya tidak [berterima kasih] kepada para pemain yang telah menjadi teladan dalam perilaku mereka dan setia pada gagasan yang dikemukakan. Maaf saya tidak dapat membantu Anda lebih banyak.

Baca Juga : Emiliano Martinez, Kiper Terbaik Dunia Dikabarkan Terancam Didepak Aston Villa

Terakhir, kepada para penggemar yang dengan cara yang seragam telah mengirimkan dukungan mereka di semua momen dan terutama di saat-saat yang paling sulit.

"Sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal dan dalam kasus ini hanya refleksi kecil... Yang dibutuhkan tim nasional adalah DUKUNGAN dalam segala arti sehingga Luis de la Fuente dapat mencapai semua yang diusulkan."

Sumber: ESPN

Baca Juga : Emiliano Martinez, Kiper Terbaik Dunia Dikabarkan Terancam Didepak Aston Villa

 

 

#Piala Dunia #Spanyol