Selasa, 22 November 2022 19:08

PT Bumi Karsa Berhasil Bawa Mahasiswa Pelatihan Raih Juara

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PT Bumi Karsa Berhasil Bawa Mahasiswa Pelatihan Raih Juara

Kegiatan CSR kali ini melibatkan unsur alumni PNUP yang berkarier di PT Bumi Karsa dalam naungan Ikatan Alumni Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang (IKATSI – PNUP).

RAKYATKU.COM -- PT Bumi Karsa Bersama Yayasan Hadji Kalla terus berpartisipasi aktif dalam mendukung pengembangan SDM dan berupaya meningkatkan kesejahteraan mutu pendidikan di Indonesia.

Hal ini dibuktikan melalui dukungan kepada Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) pada ajang Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) XIII.

Ajang kompetisi yang di gelar oleh Kemendikbudristek bersama Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), dimana diikuti 13 perguruan tinggi di Indonesia.

Baca Juga : PT Bumi Karsa Bersama Yayasan Hadji Kalla Lakukan Aksi Hijau Tanam 70.000 Pohon di Tombolo

Tahun ini, Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi tuan rumah KGBI 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 17-20 November 2022.

Adapun perguruan tinggi yang berkesempatan mengikuti ajang bergengsi ini diantaranya, Universitas Tarumanagara, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Hasanuddin, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Pontianak, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Jember, dan Universitas Lampung.

Ajang ini mengusung tema “Bangunan Gedung Tahan Gempa Berinovasi Material untuk Pengembangan Metropolitan Menyongsong Era Pasca Pandemi”, dan PNUP berhasil meraih juara umum.

Baca Juga : PT. Bumi Karsa Hadirkan Workshop Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM

Dikompetisi ini, finalis diwajibkan untuk membuat model bangunan gedung 8 lantai. Seiring dengan kebutuhan hunian yang terus meningkat di masa depan dan keterbatasan lahan yang tersedia maka hunian tingkat menjadi salah satu solusi alternatif yang memungkinkan.

Sponsored by MGID

Kompetisi kali ini, model bangunan gedung terdiri dari 2 (dua) klasifikasi kompetisi, yaitu klasifikasi kompetisi model bangunan gedung 8 lantai dari material baja dan beton pracetak dengan sistem rangka terbuka (open frame).

Model-model tersebut akan diuji dengan simulasi percepatan gempa horizontal menggunakan meja getar.

Baca Juga : Sambut Kemerdekaan, PT Bumi Karsa Tanam 1000 Pohon Mangrove

Zainuddin Soadiq selaku Corporate Communication Bumi Karsa menjelaskan bahwa bentuk dukungan ini sejalan dengan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) kami dalam bentuk Bumi Karsa for Education.

Kegiatan CSR kali ini melibatkan unsur alumni PNUP yang berkarier di PT Bumi Karsa dalam naungan Ikatan Alumni Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang (IKATSI – PNUP).

"Peserta kami berikan pelatihan selama 3 bulan dalam bentuk KKN profesi pada proyek Gedung yang kami sedang laksanakan. Dimana selama pelatihan kami berharap apa yang adik – adik terima dibangku perkuliahan dan lomba yang mereka ikuti dapat berkesesuaian dalam bentuk terapan nantinya,” ujarnya.

Baca Juga : Proyek Bendungan Bulango PT Bumi Karsa di Gorontalo Memasuki Tahap Breakthrough

Dilain pihak, Hermana Kaselle, selaku dosen pembimbing mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan (CSR) yang dilaksanakan oleh PT Bumi Karsa dan kami berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut agar kualitas pendidikan kita dapat terus berkembang dan kompetitif, baik dalam bentuk sharing knowledge maupun kegiatan – kegiatan yang anak didik kami peroleh.

Seperti halnya keterlibatan langsung dalam pelaksanaan konstruksi di proyek PT Bumi Karsa nantinya.

PT Bumi Karsa yang merupakan anak perusahaan dari KALLA yang bergerak dibidang konstruksi, alat berat, plant dan pembangkit listrik senantiasa berkomitmen penuh untuk maju bersama masyarakat, mitra dan seluruh stakeholdernya dengan melaksanakan beberapa program CSR-nya.

Baca Juga : Lanjutkan Program Agroforestry Tombolo, Kalla Target Tanam 20.000 Bibit Pohon

Baik dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan dan keselamatan, serta pemberdayaan masyarakat.

#PT Bumi Karsa