Kamis, 10 November 2022 09:54

Makassar Great Sale 2022 Dimulai, Diharap Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), saat membuka secara resmi gelaran Makassar Great Sale (MGS) 2022 di main atrium Nipah Park, Rabu (9/11/2022).
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), saat membuka secara resmi gelaran Makassar Great Sale (MGS) 2022 di main atrium Nipah Park, Rabu (9/11/2022).

"Kami berharap MGS dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan membuat semuanya bergerak untuk bisa menekan inflasi," kata Kepala Dinas Pariwisata Makassar, Muhammad Roem.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Program tahunan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Makassar Great Sale (MGS), kembali hadir dengan berbagai keuntungan dan kemudahan. Festival belanja ini dibuka secara resmi Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny), di main atrium Nipah Park, Rabu (9/11/2022).

MGS 2022 merupakan program yang diinisiasi Pemkot Makassar melalui Dinas Pariwisata. Berkolaborasi dan didukung penuh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar).

Program yang dihelat serentak di seluruh pusat perbelanjaan anggota APPBI DPD Sulselbar ini berlangsung mulai 9 hingga 30 November 2022. MGS 2022 sekaligus menjadi rangkaian dan momentum perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-415. Hadir sebagai respons terhadap optimisme kondisi dunia usaha, khususnya industri ritel yang makin membaik.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Optimisme itu muncul dari antusias belanja masyarakat yang makin meningkat. Diharapkan MGS
2022 dapat pula meningkatkan jumlah transaksi dan pengunjung pada pusat perbelanjaan. Dengan demikian, tercipta percepatan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, khususnya di Makassar.

Pusat perbelanjaan anggota APPBI DPD Sulselbar yang menggelar MGS 2022 adalah Mal Ratu Indah (MaRI), Nipah Park, Trans Studio Mall (TSM) Makassar, Phinisi Point (Pipo), Mal Panakkukang, GTC, dan Panakkukang Square.

Kepala Dinas Pariwisata Makassar, Muhammad Roem, mengungkapkan Pemkot Makassar bekerja sama APPBI DPD Sulselbar mengadakan kembali MGS yang merupakan agenda rutin dan tahunan.

Baca Juga : Bappeda Umumkan Tiga OPD Terbaik Tahun 2023

“MGS tahun ini sama dengan tahun kemarin. Hampir seluruh pusat perbelanjaan di Kota Makassar memberikan harga spesial dalam rangka memperingati HUT Kota Makassar. Hadir memberikan peluang untuk para pengunjung mendapatkan harga spesial yang diberikan ritel-ritel di dalam mal. Ini adalah salah satu strategi pemulihan ekonomi," kata Roem.

"Kami berharap MGS dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan membuat semuanya bergerak untuk bisa menekan inflasi. Kita tahu bahwa Makassar sudah deflasi sekarang di bulan Oktober lalu. Ini merupakan salah satu cara untuk menghadapi resesi, tapi semoga hal itu tidak terjadi di Indonesia khususnya di kota Makassar,” sambungnya.

Roem mengungkapkan, tata-rata persentase kunjungan di berbagai pusat perbelanjaan masih di angka 70-80 persen dibandingkan masa sebelum pandemi pada 2019. MGS 2022 pun diharapkan mampu menstimulasi gairah belanja dan kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Sebanyak 67 tenant MaRI berpartisipasi dalam MGS Sale 2022 dengan menyuguhkan promo spesial berupa diskon hingga 70 persen. Lalu, 32 tenant Nipah Park memeriahkan program ini melalui diskon hingga 90 persen untuk hampir seluruh kategori tenant.

Tak hanya itu, pengunjung juga disambut keramahan pengelola mal yang akan menggunakan pakaian adat khas Makassar. Lantunan musik tradisional Makassar juga akan diputar di area mal untuk makin meningkatkan euforia gelaran MGS 2022.

Penulis : Lisa Emilda
#Makassar Great Sale 2022 #pemkot makassar #Dinas pariwisata Makassar #APPBI Sulselbar