Jumat, 30 September 2022 11:24

Bupati Barru Siap Dukung Arahan Pusat Pacu Sektor Ekonomi

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru Siap Dukung Arahan Pusat Pacu Sektor Ekonomi

"Kita semuanya harus memiliki kepekaan, sense of crisis mengenai kondisi terkini,”

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh menghadiri pertemuan menteri, gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia di Jakarta Convention Center, Kamis (29/9/2022).

Sebelum Presiden memberikan arahan, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan terlebih dahulu menyampaikan laporan yang akan dibahas pads pertemuan itu.

Dalam laporannya, Luhut menyampaikan enam terobosan aksi afirmasi bangga buatan Indonesia. Selain itu, ada tiga instrumen kebijakan konvergensi program dan perbaikan akurasi sasaran, serta kemiskinan ekstrem.

Baca Juga : Bupati Barru Gelar Buka Puasa untuk Mengenang Almarhumah Hasnah Syam

Luhut kemudian menyampaikan delapan hal yang memerlukan arahan dan keputusan presiden.

Salah satunya arahan dalam meminta pemerintah daerah segera menggunakan anggaran biaya tak terduga, belanja wajib 2 persen dana transfer umum, dan menyalurkan Bansos dalam rangka pengendalian inflasi nasional.

Sementara Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa semua elemen termasuk Pemerintah daerah dapat menggalakkan penggunaan produk dalam negeri serta pariwisata Indonesia yang kaya akan potensi alam yang unik dan indah.

Baca Juga : Bupati Barru Berikan Penghargaan dan Insentif kepada Petugas Kebersihan

“Sekali lagi, tolong masyarakat diajak, Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, ajak masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saja, kondisi ketidakpastian global saat ini terus berubah,” kata Presiden.

Bupati Barru, Suardi Saleh mengatakan bahwa Pemda Barru menyambut baik dan sejalan dengan apa yang diimbau oleh Presiden Joko Widodo.

“Untuk di beberapa sektor di Kabupaten Barru dalam kurung satu tahun ini kita telah berusaha membangkitkan kembali gairah perekonomian berbasis lokal seperti beberapa titik seperti tahun ini kita fokus di anjungan Sumpang Binangae," katanya.

Baca Juga : Pemkab Barru Serahkan Laporan Keuangan 2023 ke BPK

Meski demikian, lanjutnya, situasi sekarang ini adalah situasi yang tidak mudah. Situasi yang sangat sulit dan itu dialami oleh semua Kabupaten kota di negara ini.

"Kita semuanya harus memiliki kepekaan, sense of crisis mengenai kondisi terkini,” ungkap mantan kadis PU Pinrang ini.

Apalagi, tambahnya, seperti yang di ketahui bersama dua tahun dilanda pandemi Covid-19 membuat hampir semua sendi perekonomian melemah.

Baca Juga : Musrenbang Kabupaten Barru Tahun 2025: Akselerasi Menuju Barru Yang Mandiri

"Mudahan-mudahan kedepannya kami bersama sama dengan stakeholder yang ada akan tetap berusaha memacu semua kemungkinan peluang yang ada demi masyarakat sejahtera dan Barru menjadi lebih baik”pungkasnya.

Turut hadir pada acara tersebut Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung RI, Para Menteri, kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Para Panglima komando daerah militer (Pangdam), Para Kapolda dan Para kajati se Indonesia.

 

Penulis : Achmad Afandy
#Bupati Barru #suardi saleh #Pemda Barru