Rabu, 07 September 2022 13:08

Wali Kota Parepare Tampil di Podcast BPSDM Jatim, Paparkan BJ. Habibie Sebagai Inspirasi Pembangunan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare Tampil di Podcast BPSDM Jatim, Paparkan BJ. Habibie Sebagai Inspirasi Pembangunan

Taufan juga tak lupa menceritakan kisahnya bersama BJ. Habibie, dan hingga kini Parepare memiliki branding BJ. Habibie, di mana sejumlah pembangunan yang ada identik dengan BJ. Habibie.

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, diundang untuk tampil dalam podcast Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timurv( Jatim) via channel Youtube BPSDM Jatim TV.

Podcast tersebut dipandu oleh Grace Mamahit, dengan durasi rekaman selama 15 menit.

Grace mengatakan, Taufan merupakan tamu istimewa, karena mampu menjadi seorang leader yang inovatif dan memiliki jiwa enterpreneur.

Baca Juga : Pemkot Parepare Dukung Percepatan Pemberian Jamsostek bagi Pekerja Rentan dan Miskin

Sementara, Taufan memperkenalkan latar belakang karirnya dalam bidang hukum, yang ditempuh selama kurang lebih 30 tahun.

Setelah itu, Taufan menceritakan awal mula dirinya didorong untuk maju Wali Kota Parepare oleh Presiden ke-3 RI BJ. Habibie, sebagai putra daerah pertama Parepare.

"Hidup ini pilihan, alhamdulillah hidup berkecukupan. Dan akhirnya saya putuskan waktunya untuk mengabdi. Alhamdulillah, Tuhan berkehendak saya menjadi Wali Kota Parepare pertama yang lahir dan besar di Parepare," katanya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akan Boyong Kadis dan Pengusaha Tinjau IKN

Selanjutnya, Taufan memaparkan tentang Teori Telapak Kaki yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hanya saja, kata dia, Parepare tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA), dan lebih banyak bergerak dibidang jasa. Oleh karena itu, dirinya menjadikan BJ. Habibie sebagai sumber inspirasi pembangunan di Parepare.

"Parepare hanya memiliki kurang lebih 157 ribu jiwa. Saya punya mimpi orang yang datang di Parepare sebanyak 500 ribu jiwa pasangan telapak kaki. Tentu, itu harus diawali dengan Parepare menjadi Kota Tujuan. Bukan hanya transit, atau daerah lintas, tapi setiap akhir pekan, warga daerah sekitar berkunjung di Parepare, karena banyak hal-hal yang menjanjikan," ungkapnya.

Baca Juga : PAD Triwulan Pertama Pemkot Parepare Lampaui Target , RSUD Andi Makkasau Tertinggi

Wali Kota dua periode ini menerangkan, dengan teori telapak kaki ini, dapat menghidupkan dan memberdayakan UMKM, dan melahirkan ekonomi-ekonomi baru di Parepare.

"Contoh konkret yang terbaru yakni inovasi dan kemampuan untuk menjadikan Parepare sebagai home base PSM Makassar. Dan terbukti telapak kaki yang hadir pada saat laga PSM Makassar, tidak kurang dari 50 ribu," tandasnya.

Taufan juga tak lupa menceritakan kisahnya bersama BJ. Habibie, dan hingga kini Parepare memiliki branding BJ. Habibie, di mana sejumlah pembangunan yang ada identik dengan BJ. Habibie.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Lepas 300 Peserta Mudik Gratis ke Balikpapan

"Dan pada akhirnya Parepare kini dikenal secara luas," tandasnya.

Sekarang diketahui, beberapa pembangunan di Parepare yang terinspirasi dari BJ. Habibie yakni, Monumen Cinta Habibie Ainun, Balai Ainun, Rumah Sakit Regional Hasri Ainun, Auditorium BJ. Habibie, Museum BJ. Habibie, Institut Teknologi BJ. Habibie (ITH), Masjid Terapung BJ. Habibie, Stadion Gelora BJ. Habibie (GBH).

Sebelumnya, Taufan Pawe menjadi pembicara pada pelatihan kepemimpinan nasional yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemprov Jawa Timur kemarin.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #Podcast BPSDM Jatim