Senin, 15 Agustus 2022 22:03

Kurang Lebih 700 Orang Mengarak Merah Putih 77 Meter Sejauh 5 Kilometer di Jeneponto

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kurang Lebih 700 Orang Mengarak Merah Putih 77 Meter Sejauh 5 Kilometer di Jeneponto

Disebuah Desa bagian utara di Kabupaten Jeneponto, mengarak merah putih sejauh kurang lebih 5 kilo meter.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO -- Berbagai cara untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77.

Disebuah Desa bagian utara di Kabupaten Jeneponto, mengarak merah putih sejauh kurang lebih 5 kilo meter.

Salah satu Sahabat Bontolojong, Ruslan mengatakan konsep itu muncul, berawal disebuah warung kopi (Warkop). Disitulah sahabat yang terlibat ikut memberi sumbangsih pemikiran, baik materi dan lainnya.

Baca Juga : Lepas Atlet Porprov, Bupati Jeneponto Ingatkan Nama Baik Daerah

"Ada kurang lebih 700 orang mengarak kain merah putih, sepanjang jalan kurang lebih 5 kilo meter. Sebagai bentuk kecintaan dan rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara ini, begitulah cara kami di desa menyambut HUT RI ke - 77," ujarnya, Senin (15/8/2022).

Yudistira sebagai konseptor bersama sahabat bontolojong dan pemerintah setempat. Dia menyebut, bahwa merah putih sepanjang 77 meter ini diarak warga sejauh 5 kilometer secara stafet, melewati 4 dusun. Kurang lebih 6 jam baru tiba dipuncak agrowisata.

Yakni dusun Kayucolo, dusun Kambutta Toa, dusun Bontojai, dan Bontomanai hingga ke puncak Agrowisata Bonto Lojong, di Desa Ujungbulu, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Kebakaran Lalap Tiga Unit Rumah di Jeneponto, Satu Orang Meninggal Dunia

"Dengan semangat warga desa Ujungbulu dalam memperingati HUT RI ke 77 ini, mudah mudahan kedepan kita lebih dewasa, mandiri sebagai warga negara Indonesia," terangnya.

Sponsored by MGID

Ia menambahkan bahwa apa yang dilakukan warga desa Ujungbulu merupakan sejarah dan pertama kali di lakukan di Kabupaten Jeneponto. Merah putih sudah ada di Desa Agrowisata di Ujungbulu.

"Ini pertama kali dilakukan, masyarakat Ujungbulu terlibat arak-arakan bendera merah putih sepanjang 77 meter dengan lebar mengikuti lebar jalanan, kurang lebih 4 meter," katanya.

Baca Juga : Pemprov Rehab Rumah Korban Bencana, Warga Jeneponto : Terima Kasih pak Gubernur Andi Sudirman

Bendera merah putih akan terus berkibar di Desa tersebut hingga puncak 17 Agustus 2022. Dan akan dilangsungkan upacara bersama masyarakat dan Pemerintah Desa Ujungbulu.

Diketahui, Desa Ujungbulu dipimpin oleh Mansur, yang kini sedang menggenjot Objek Wisata yang diberi nama Bontolojong. Desa tersebut berjarak kurang lebih 48 kilo meter dari kota Bontosunggu.

Penulis : Samsul Lallo
#kabupaten jeneponto #bendera merah putih #HUT RI ke-77