Selasa, 09 Agustus 2022 18:46

4000 Peserta Meriahkan Peringatan HUT ke-77 RI Tingkat Kecamatan Maiwa

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
4000 Peserta Meriahkan Peringatan HUT ke-77 RI Tingkat Kecamatan Maiwa

"Manfaatkan semua fasilitas ini sebaik-baiknya. Jaga bersama-sama. Dan terimakasih banyak atas dukungan kita semua pada program-program pembangunan kita di Maiwa," ungkap MB.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Bupati Enrekang, Muslimin Bando menghadiri Acara Pembukaan HUT ke-77 Republik Indonesia di Kecamatan Maiwa. Acara ini dipusatkan di Alun-alun Langsa Gaga pada Selasa 9 Agustus 2022. Rangkaian kegiatan akan berlangsung sampai 18 Agustus 2022.

Perayaan HUT RI tingkat Kecamatan Maiwa mengangkat tema 'Bermain Bersama, Bergembira Bersama, Perbedaan adalah Perekat Kebersamaan'.

Setidaknya ada 10 ribu peserta yang menghadiri pembukaan. Diantaranya ada 4000 peserta yang akan berpartisipasi dalam lomba.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Acara dimulai dengan pawai defile dari 110 kontingen, terdiri dari siswa-siswi SD sampai SMA sederajat se-Kecamatan Maiwa, guru PAUD, BKKBN, dan PKM Maiwa. Juga ada penampilan marching band, tari kreasi, senam lawan Stunting dari PKM Maiwa, hingga peragaan pencak silat.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas antusiasme panitia dan peserta, dengan meriahnya kegiatan ini.

"Seperti kalau ibukota Enrekang pindah ke Maiwa. Pembukaannya saja meriah dan ramai. Ini membuat kita semua semakin bersemangat untuk pulih dan bangkit. Apalagi ini kegiatan publik yang pertama seusai Pandemi Covid-19," kata Bupati.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

MB mengajak masyarakat Maiwa menggunakan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi. Menyalurkan bakat-bakat olahraga, seni dan keagamaan. Bahkan bukan tidak mungkin diantara para peserta ada calon pemimpin Enrekang.

"Saya yang pernah jadi guru, tahu betul bahwa kegiatan seperti ini akan sangat berkesan bagi kita, dan bisa menjadi pintu menemukan potensi diri. Saya ucapkan selamat bertanding, selamat bergembira bersama," tutup Bupati.

Ketua Panitia Muhammad Amin dalam laporannya, menyampaikan rangkaian kegiatan perayaan HUT RI digelar untuk mengenang, menghargai dan menghormati jasa para pahlawan kemerdekaan.

Baca Juga : Optimalkan Penerimaan Pajak, Bupati Enrekang Teken Perjanjian Kerjasama dengan DJP-DJPK

Selain itu, juga untuk melestarikan budaya dan tradisi masyarakat Maiwa yang setiap tahun merayakan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Dan yang tak kalah penting, menjalin silaturahmi antar warga Maiwa. Termasuk bapak Bupati yang kini telah menjadi warga Maiwa juga," ungkap Muhammad Amin.

Ada 10 cabang olahraga dan 10 lomba seni dan keagamaan yang akan diikuti oleh total 4000 peserta.

Baca Juga : Bupati Enrekang Apresiasi Swadaya Warga Perbaikan Jalan Provinsi Poros Kotu-Masalle

Pada pelaksanaan kegiatan serupa sebelumnya, Desa Patondonsalu keluar sebagai juara umum 1.

Masyarakat Puji Pembangunan Alun-alun Langsa Gaga

Koordinator Wilayah UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Maiwa-Bungin ini, juga menyampaikan terimakasih atas pembangunan alun-alun Langsa Gaga.

Baca Juga : Danny Pomanto Kukuhkan Paskibraka Kota Makassar 2023

"Seperti yang kita saksikan, alun-alun ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hampir setiap saat selalu dipergunakan untuk pelbagai kegiatan. Karena itu kami berterima kasih kepada bapak Bupati atas inisiatif pembangunan alun-alun ini. Apalagi dipergunakan gratis oleh masyarakat," jelas Muhammad Amin.

Bupati mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada masyarakat, yang telah mendukung pembangunan infrastruktur di Kecamatan Maiwa.

Di alun-alun Langsa Gaga ada gedung, gazebo pertemuan, lapangan basket, tenis, sepak takraw, voli dan sepakbola mini.

Baca Juga : Danny Pomanto Kukuhkan Paskibraka Kota Makassar 2023

"Manfaatkan semua fasilitas ini sebaik-baiknya. Jaga bersama-sama. Dan terimakasih banyak atas dukungan kita semua pada program-program pembangunan kita di Maiwa," ungkap MB.

Acara pembukaan dihadiri Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Asisten 2, pimpinan pondok pesantren, Camat Maiwa, dan unsur forkopimda Maiwa, para pengawas, kepala UPT, tokoh masyarakat dan ribuan peserta se-Kecamatan Maiwa. (Humas Enrekang)

#pemkab enrekang #Bupati Enrekang #muslimin bando #HUT RI