Rabu, 06 Juli 2022 19:25

DPRD Makassar Akan Revisi Perda Retribusi

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
kantor DPRD Makassar
kantor DPRD Makassar

“Tahun ini revisi Perda terkait retribusi ini sudah masuk Prolegda 2022, diharapkan bisa secepatnya digodok agar tak lagi ada kebocoran”

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Iuran di tingkat kecamatan dinilai sangat rawan terjadi kebocoran. Hal ini karena pelaporan hanya didasari atas kejujuran dari para penagih. Kebocoran ini membuat potensi retribusi sulit dilacak.

”Susah, selama ini masih manual dan mudah dimanipulasi, sehingga harus ada aplikasi yang terintegrasi datanya untuk hindari loss,” kata Anggota Komisi B Bidang Ekonomi dan Keuanurgan DPRD Kota Makassar, Ari Ashari Ilham.

Untuk mencegah terjadinya kebocoran, dibutuhkan regulasi yang tepat serta piranti daring yang kredibel. Dengan demikian semua retribusi akan terdata secara otomatis di sistem.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Diharapkan regulasi dan sistem yang tepat, ke depan iuran-iuran dapat dimaksimalkan. Dimana selama para pemungut tak mendapatkan honor, sehingga dicurigai operasional diambil dari iuran tiap bulannya.

“Tahun ini revisi Perda terkait retribusi ini sudah masuk Prolegda 2022, diharapkan bisa secepatnya digodok agar tak lagi ada kebocoran,” tambahnya.

William Laurin, yang juga Anggota Komisi B mengatakan soal kebocoran retribusi tersebut harus ditelisik lebih dahulu, hal ini akan dilakukan lewat monitoring dan evaluasi di DPRD.

Baca Juga : Erik Horas Berpotensi Kembali ke Kursi Pimpinan DPRD Makassar

“Kita tanggal 13 baru monev (monitoring dan evaluasi). Itu nanti semua camat berikan laporannya,” katanya.

Menurutnya, selama ini telah ada target yang diberikan kepada para camat, dan hal ini berhasil dipenuhi. Meski demikian, isu kebocoran tersebut tetap akan ditelisik lewat monev mendatang.

“Saya tidak tahu kebocorannya masuk yang orang bilang, kalaupun lebih itu tetap dilaporkan,” kata legislator PDI-P itu.

Baca Juga : Eric Horas Pimpin Rapat Monev Komisi B DPRD Makassar Triwulan I

 

Baca Juga : Eric Horas Pimpin Rapat Monev Komisi B DPRD Makassar Triwulan I

 

 

#dprd makassar #Retribusi sampah #pemkot makassar