Senin, 18 Juli 2022 16:35

Enam Fraksi DPRD Parepare Setujui Ranperda Tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak Jadi Perda

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Enam Fraksi DPRD Parepare Setujui Ranperda Tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak Jadi Perda

Dalam pendapat akhirnya, semua Fraksi mengapresisi Ranperda Penyelenggaraan Kota Layak Anak (KLA) untuk mendukung Parepare menuju Kota Layak Anak.

RAKYATKU.COM, PAREPARE -- Semua Fraksi di DPRD Kota Parepare menyetujui Ranperda tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak untuk menjadi Perda atau Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak.

Persetujuan itu diungkap oleh para juru bicara (Jubir) dari enam Fraksi dalam rapat paripurna dengan agenda pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Kota Parepare terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Parepare Tentang Penyelenggaraan Kota Layak Anak di DPRD Parepare, Senin (18/7/2022).

Dalam pendapat akhirnya, semua Fraksi mengapresisi Ranperda Penyelenggaraan Kota Layak Anak (KLA) untuk mendukung Parepare menuju Kota Layak Anak. Apalagi Parepare saat ini sudah berada pada Kota Layak Anak kategori Nindya atau tinggal dua jenjang lagi Parepare menjadi Kota Layak Anak.

Baca Juga : 6 Fraksi DPRD Parepare Setuju, R-APBD 2023 Siap Ditetapkan

Apresiasi dukungan dan persetujuan Ranperda Penyelenggaraan KLA itu disuarakan Juru Bicara Fraksi Amanat Kebangkitan Rakyat Indonesia (Fakar Indonesia), Ibrahim Suanda, Jubir Fraksi Nasdem, Hj Asmawati Zainuddin, Jubir Fraksi Demokrat, H Yangsmid Rahman, Jubir Fraksi Golkar, Hj Indriasari Husni, Jubir Fraksi Gerindra, Muh Yusuf Lapanna, dan Jubir Fraksi Persatuan Bintang Demokrasi, Satriya

“Parepare sudah Kota Layak Anak kategori Nindya, kami berharap dapat ditingkatkan dan menjadikan Parepare wajah terdepan di Sulawesi Selatan, dan mewujudkan Kota Layak Anak Indonesia,” kata Jubir Fraksi Golkar, Indriasari Husni.

 

Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim yang hadir mewakili Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe mengapresiasi persetujuan semua Fraksi DPRD Parepare.

Baca Juga : Pemkab Wajo dan DPRD Setujui Ranperda Penyertaan Modal PDAM Tirta Danau Tempe

Terima kasih atas pendapat akhir Fraksi-fraksi DPRD Parepare yang menyetujui Ranperda Penyelenggaraan Kota Layak Anak untuk menjadi Perda. Tentu dibutuhkan sinergitas DPRD, Pemerintah Kota, dan semua stakeholder untuk mewujudkan Parepare Kota Layak Anak,” harap Pangerang Rahim.

Sponsored by MGID

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Parepare, Hj Andi Nurhatina Tipu didampingi Wakil Ketua DPRD M Rahmat Sjamsu Alam, dan dihadiri sejumlah anggota DPRD Parepare secara kuorum.

Dari eksekutif, selain Wakil Wali Kota, hadir Sekda Kota Parepare, H Iwan Asaad, Staf Ahli, para Asisten, Kepala OPD, dan jajaran pejabat Pemkot Parepare lainnya.

Baca Juga : DPRD-YLP2EM Serap Aspirasi Penyandang Disabilitas

Turut hadir Tenaga Ahli DPRD Parepare Bidang Pembangunan, Dr Muh Nashir, dan Tenaga Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan, Dr Zainal Said.

Terkait Kota Layak Anak ini, pada 2017-2018 Parepare mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Kemudian pada 2019 kembali Parepare mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak kategori Madya atau naik satu tingkat.

Tahun 2020 karena pandemi Covid-19, sehingga tidak ada penilaian. Dan baru pada 2021, Parepare memperoleh penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya atau naik satu tingkat lagi.

Baca Juga : Single Seat Segera Dipasang di Stadion GBH Parepare

Masih ada dua jenjang lagi yang harus dilalui Parepare untuk dapat menjadi Kota Layak Anak, yakni Kategori Utama dan Kategori Layak Anak.

Penulis : Hasrul Nawir
#dprd parepare #Ranperda #Kota layak anak