Jumat, 15 Juli 2022 23:26

Melalui Program Prakerja, Pijar Mahir Berikan Pelatihan Terbaik Bagi Masyarakat

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Melalui Program Prakerja, Pijar Mahir Berikan Pelatihan Terbaik Bagi Masyarakat

Pijar Mahir menawarkan beberapa program pelatihan, di antaranya program Mahir Teknologi, Mahir Digital, Mahir Marketing, Mahir Bahasa, UMKM, dan Pengembangan Diri.

RAKYATKU.COM -- Pandemi Covid-19 yang melanda di Indonesia membuat banyak perusahaan diharuskan melakukan efisiensi.

Alhasil, tak sedikit pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan berimbas dengan munculnya banyak pencari kerja baru.

Pemerintah tentu tak tinggal diam. Melalui program Prakerja, pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat sehingga tetap bisa produktif meningkatkan kemampuannya selama mencari kerja. Bahkan bisa juga memulai wirausaha sehingga bisa membuka peluang kerja baru.

Baca Juga : Perkuat Solusi ke UKM, Telkom Implementasikan Teknologi AI pada myindibiz

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan pun tergerak untuk turut membantu.

Melalui brand Leap-Telkom Digital, Telkom menghadirkan platform Pijar Mahir, sebuah lembaga pembelajaran daring yang bersertifikasi dan telah menjadi mitra resmi dari program Prakerja.

“Telkom sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki tanggung jawab untuk berupaya membantu kesejahteraan masyarakat. Kehadiran Pijar Mahir dari Leap-Telkom Digital merupakan bukti nyata Telkom dalam upaya tersebut,” tutur Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business Telkom, dalam keterangan resminya.

Baca Juga : Dihadiri 18 Ribu Lebih Pengunjung, Telkom Sukses Selenggarakan Digiland 2023

Pijar Mahir menawarkan beberapa program pelatihan, di antaranya program Mahir Teknologi, Mahir Digital, Mahir Marketing, Mahir Bahasa, UMKM, dan Pengembangan Diri. Semua program tersebut bisa diikuti oleh masyarakat dengan harga yang terjangkau.

Sebagai mitra resmi program kartu Prakerja, Pijar Mahir selalu memberikan pelatihan yang terbaik bagi masyarakat agar meningkatkan kualitas keahlian mereka di bidangnya masing-masing.

Andil Pijar Mahir melalui Prakerja telah terbukti memberikan dampak positif sehingga bisa mengoptimalkan kemampuan para penerima program, dan mampu mentransformasi postur pasar kerja di Indonesia. Hasil survei evaluasi sejak 2020 hingga 2022 telah membuktikan, sebanyak 30% penerima program Prakerja yang sebelumnya menganggur kini telah bekerja atau berwirausaha.

Baca Juga : Iduladha 1444 H, TelkomGroup Distribusikan 1.091 Hewan Kurban ke Seluruh Indonesia

Tak hanya itu, optimalisasi Pijar Mahir melalui Prakerja juga mengantarkan lebih dari 8 ribu perwakilan alumni Prakerja dari seluruh wilayah Indonesia berkumpul di Sentul International Convention Center (SICC), pada Jumat (17/06/2022) lalu.

Di sana, ribuan alumni Prakerja berkesempatan bertemu langsung dengan Presiden RI Joko Widodo beserta rombongan kabinet Indonesia Maju.

Dari ribuan perwakilan alumni Prakerja yang hadir, sebanyak 300 alumni di antaranya memiliki kesempatan untuk berdialog langsung dengan Jokowi.

Baca Juga : Lewat Program Edukasi Konservasi, Telkom Berdayakan Generasi Muda

Empat di antara alumni yang mendapat keistimewaan tersebut merupakan alumni Prakerja dari Pijar Mahir. Mereka adalah Masriani Rajagukguk dari Tapanuli Utara, Bahrul Fauzi dari Solok Selatan, Fauzi dari Aceh Barat Daya, dan Sairi Alpiansari dari Murung Raya.

Fauzi sebagai perwakilan alumni Pijar Mahir dari Aceh Barat Daya merasakan optimalisasi dari program Prakerja yang diikutinya. Ia menuturkan kemampuan dan ilmunya semakin bertambah setelah mengikuti pelatihan, sehingga meningkatkan kepercayaan dalam dirinya.

"Saya banyak menambah skill setelah ikut pelatihan di Pijar Mahir pakai kartu Prakerja. Bikin lebih PD (percaya diri) karena makin banyak ilmunya," ungkap Fauzi, di lokasi acara.

Baca Juga : Komitmen Telkom Dukung Digitalisasi di Sektor Logistik Melalui Platform Logee

Hal senada juga dilontarkan oleh Masriani Rajagukguk perwakilan alumni Pijar Mahir dari Tapanuli Utara. Masriani mengaku setelah mengikuti pelatihan di Pijar Mahir melalui program Prakerja, dirinya merasa lebih siap untuk mencari pekerjaan di kota-kota besar seperti Jakarta.

Di sisi lain, Telkom juga mengadakan konser virtual di Metaverse yang menghadirkan Vidi Aldiano, pada 10 Juni – 14 Agustus 2022. Dalam perhelatan daring itu, penonton bisa menyaksikan performa Vidi setiap hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Pijar Mahir ikut berpartisipasi dalam konser virtual tersebut, sehingga pengguna Pijar Mahir memiliki kesempatan untuk nonton Vidi Aldiano secara gratis dan berhadiah kode voucher belajar di platform Pijar Mahir.

Baca Juga : Komitmen Telkom Dukung Digitalisasi di Sektor Logistik Melalui Platform Logee

Pengguna Pijar Mahir cukup mengakses laman https://virtualconcert.merchnesia.com/claim, kemudian masukan kode voucher “PIJARMETAKONSER”.

Untuk info lebih lanjut, bisa mengunjungi pijarmahir.id dan temukan diskon pelatihan serta flash sale lainnya yang tersedia setiap hari.

“Jangan sampai terlewat konser virtual Vidi Aldiano dan dapatkan kesempatan untuk menontonnya secara gratis dari Pijar Mahir,” tandas Fajrin.

Baca Juga : Komitmen Telkom Dukung Digitalisasi di Sektor Logistik Melalui Platform Logee

Pijar Mahir merupakan bagian dari Leap Telkom Digital, umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses https://leap.digitalbisa.id/.

#PT Telkom Indonesia