Rabu, 23 Agustus 2023 19:05

Perkuat Solusi ke UKM, Telkom Implementasikan Teknologi AI pada myindibiz

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Perkuat Solusi ke UKM, Telkom Implementasikan Teknologi AI pada myindibiz

Telkom perkenalkan Bizy pada ekosistem myindibiz sebagai pelayan cerdas berbasis AI untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku UKM

RAKYATKU.COM -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) semakin memperkuat fokus bisnisnya pada segmen Business-to-Business (B2B). Setelah sebelumnya merilis ekosistem digital myindibiz sebagai solusi bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), kini Telkom menerapkan teknologi AI bernama Bizy pada ekosistem tersebut dalam upaya memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna myindibiz.

Bizy hadir sebagai pelayan cerdas yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) guna membantu UKM di Indonesia untuk mendapatkan solusi terbaik melalui produk dan layanan digital yang ada di Leap.

Lebih lanjut dijelaskan, Bizy menjadi asisten bagi para pelaku UKM untuk menjelaskan dan memberi analisis bisnis. “myindibiz adalah langkah awal dari rencana Telkom untuk menyentuh pelanggan-pelanggan baru dengan cara yang berbeda. Sentuhan teknologi AI akan membantu proses bisnis menjadi efisien dan ditata secara end-to-end sehingga memberikan customer experience yang menarik. Mudahnya begini, pelaku UKM butuh ‘buddy’ atau teman yang dapat membantu menjelaskan dan memberikan analisis bisnis. Kehadiran Bizy adalah solusinya,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa.

Baca Juga : Dihadiri 18 Ribu Lebih Pengunjung, Telkom Sukses Selenggarakan Digiland 2023

Bizy mampu memberikan penjelasan secara komprehensif dan merekomendasikan kepada calon pelanggan terkait penggunaan produk dan layanan yang ada di Leap. Ke depannya, penyematan AI yang dilakukan Telkom juga terbuka pada inovasi-inovasi lain agar konsumen mendapat pelayanan yang lebih memuaskan.

“Penerapan AI diharapkan bisa meningkatkan pengalaman konsumen Telkom dan UKM dalam mendapatkan pelayanan, karena menawarkan kecerdasan otomatisasi yang mampu mengambil keputusan sendiri sesuai kebutuhan penggunanya. AI juga diharapkan bisa mempercepat penerapan teknologi digital cerdas yang berkelanjutan dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia,” tutup Direkur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid.

Kehadiran AI di produk dan layanan Leap menegaskan posisi Telkom sebagai roda penggerak digitalisasi yang merata di Indonesia. Berbagai produk dan layanan Leap bisa dimanfaatkan oleh berbagai sektor guna mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing. Untuk mengetahui berbagai produk dan layanan Leap Telkom Digital dapat dilihat melalui tautan berikut https://leap.digitalbisa.id/#products.

Baca Juga : Iduladha 1444 H, TelkomGroup Distribusikan 1.091 Hewan Kurban ke Seluruh Indonesia

 

#PT Telkom Indonesia