Selasa, 12 Juli 2022 16:49

Penasihat Keamanan Gedung Putih Sebut Iran Bersiap Kirim Drone ke Rusia

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ilustrasi. (Militer Iran/WANA via Reuters)
ilustrasi. (Militer Iran/WANA via Reuters)

“Informasi kami menunjukkan bahwa pemerintah Iran sedang bersiap untuk menyediakan Rusia hingga beberapa ratus UAV, termasuk UAV berkemampuan senjata dalam waktu yang dipercepat”

RAKYATKU.COM - Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Jake Sullivan mengatakan Iran bersiap untuk menyediakan ratusan drone ke Rusia. Drone tersebut dikatakan untuk digunakan dalam perang di Ukraina.

“Informasi kami menunjukkan bahwa pemerintah Iran bersiap untuk menyediakan Rusia hingga beberapa ratus UAV, termasuk UAV berkemampuan senjata dalam waktu yang dipercepat,” kata Sullivan.

Adapun sesi pelatihan operasional drone itu disebut akan dimulai pada awal bulan Juli ini.

Baca Juga : Korut Uji Coba Rudal Saat Kapal Induk AS Tiba untuk Latihan Militer di Korsel

“Informasi kami lebih lanjut menunjukkan bahwa Iran sedang mempersiapkan melatih pasukan Rusia untuk menggunakan UAV ini, dengan sesi pelatihan awal yang akan dimulai pada awal Juli,” lanjutnya selama konferensi pers hari Senin waktu Washington, seperti dilansir AFP pada Selasa (12/7/2022).

Dalam keterangannya, Sullivan mengatakan belum jelas apakah Iran telah mengirimkan drone-drone tersebut ke Rusia.

 

“Tapi ini hanya salah satu contoh bagaimana Rusia melihat ke negara-negara seperti Iran untuk kemampuan yang juga digunakan...untuk menyerang Arab Saudi,” katanya.

Baca Juga : Aruna Kembali Ekspor Tuna, Kali Ini Tujuan Amerika

Menanggapi pertanyaan, apakah AS percaya Rusia akan terus gagal dalam tujuan utamanya merebut Ibu Kota Ukraina, Kiev, Sullivan meyakini Ukrana akan mempertahankan ibu kota negara.

Sponsored by MGID

"AS yakin bahwa keberanian Ukraina dan dukungan Barat untuk Ukraina akan memungkinkan negara itu untuk mempertahankan ibukotanya," jawab Sullivan.

“Dari sudut pandang kami, kami akan terus melakukan bagian kami untuk membantu mempertahankan pertahanan efektif Ukraina dan untuk membantu Ukraina menunjukkan bahwa upaya Rusia untuk mencoba dan menghapus Ukraina dari peta tidak dapat berhasil,” kata Sullivan.

Baca Juga : Rusia Tuduh AS Terlibat Langsung dalam Perang di Ukraina


Sumber: SINDOnews.com

#Rusia vs Ukraina #NATO #Amerika Serikat #Iran #Drone #perang dunia