Sabtu, 02 Juli 2022 11:36

Banjir, Tanggul Penahan Air Jebol di Tarowang Jeneponto

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Banjir Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Jumat (1/7/2022).
Banjir Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Jumat (1/7/2022).

Tanggul penahan air itu memang terbilang sudah berumur, sementara debit air sungai kian membesar.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Hujan yang mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, tepatnya di Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang, Jumat (1/7/2022), mengakibatkan banjir hingga tanggul penahan air jebol.

Tanggul penahan air itu memang terbilang sudah berumur, sementara debit air sungai kian membesar hingga mengikis area pinggiran sungai. Tanggul pun amblas dan jebol. Warga berharap agar sebaiknya dipasang bronjong kawat.

"Terkikis karena tidak menggunakan bronjong. Pada area itu dekat dengan jembatan secara otomatis debit airnya deras sehingga tanggung penahan air itu amblas dan jebol. Air bah itu masuk di perkampungan warga," ujar Suhardiman, warga Tarowang, Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi dan Air Sungai Meluap Rendam Perkampungan di Jeneponto

Dia khawatir karena di bagian sebelah tanggul terdapat permukiman warga yang sewaktu-waktu terancam dengan banjir kiriman.

"Saya khawatir di kampung ini ada satu dusun bisa kena banjir jika tidak segera ditangani oleh pemerintah kabupaten. Sebab, tidak bisa menggunakan dana desa. Ini air buangan dari Passaukang dan Gantarang dan setiap tahun terjadi di musim hujan," terangnya. (*)

Penulis : Samsul Lallo
#Banjir Jeneponto