Senin, 13 Juni 2022 23:36

450 Ekor Sapi Akan Dikirim ke Jakarta Melalui Kapal Khusus di Pelabuhan Parepare

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
450 Ekor Sapi Akan Dikirim ke Jakarta Melalui Kapal Khusus di Pelabuhan Parepare

"Kami sudah mengambil tindakan diantaranya pengambilan sampel darah untuk pengujian laboratorium terhadap beberapa penyakit seperti brucelosis dan parasit darah. Hasilnya negatif sehingga kami berikan sertifikat agar sapi-sapi ini bisa berangkat"

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Sebanyak 450 ekor sapi potong jenis Brahman Cross akan dikirim melalui Pelabuhan Cappa Ujung, Kota Parepare, Sulawesi Selatan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Pemuatan sapi-sapi ke kapal khusus pengangkut ternak KM Camara Nusantara 5 mulai dilakukan pada Senin (13/6/2022) malam dengan pengawasan dari Petugas Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Parepare.

Sapi hasil persilangan sapi jenis Brahma India dan Sapi Australia ini sebelumnya telah menjalani proses penggemukan selama 7 bulan di PT Buli di kabupaten Sidrap.

Baca Juga : IM3 Gelar Konser Collabonation Tout di Kota Parepare. Hibur 8500an Pengunjung

"Kami dari Karantina Pertanian Parepare melakukan pengawasan terhadap pemuatan 450 ekor sapi bakalan atau sapi hasil penggemukan. Sapi-sapi ini akan berangkat besok pagi dari Pelabuhan Cappa Ujung Parepare menuju ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta," jelas Kepala Sub Operasional SKP Kelas I Parepare, Rian Hadi Suharto saat ditemui di dermaga Pelabuhan Cappa Ujung.

Rian menyebut, sejak munculnya wabah penyakit Mulut dan Kuku (PMK) permintaan sapi cukup meningkat.

"Dengan adanya wabah PMK pada tahun ini kemudian pulau Sulawesi secara umum masih bebas PMK, jadi kita di sini tidak ada masalah tetap bisa mengirimkan ternak ke luar pulau, permintaan tetap banyak," bebernya.

Baca Juga : Kebakaran Terjadi di Perumahan Padat Penduduk Kota Parepare

Rian menjelaskan, selain PMK pihaknya melakukan pengawasan dan pemeriksaan ketat guna memastikan sapi yang dikirim bebas penyakit.

"Kami sudah mengambil tindakan diantaranya pengambilan sampel darah untuk pengujian laboratorium terhadap beberapa penyakit seperti brucelosis dan parasit darah. Hasilnya negatif sehingga kami berikan sertifikat agar sapi-sapi ini bisa berangkat," tandasnya.

KM Camara Nusantara 5 rencananya makan diberangkatkan Selasa (14/6/2022) pukul 08.00 Wita. Waktu tempuh diperkirakan selama 30 jam dari Pelabuhan Cappa Ujung, Parepare ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Baca Juga : Perampok di Parepare Gasak Uang dan Puluhan Karton Rokok, Receiver CCTV Turut Dibawa Kabur

 

Penulis : Hasrul Nawir
#Kebutuhan daging #Stasiun Karantina Pertanian #parepare