Sabtu, 21 Mei 2022 21:17

Bikin Bangga, Atlet Sulsel Rahmat Erwin Rebut Emas dan Pecahkan Rekor SEA Games

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah (Foto Instagram rahmaterwin)
Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah (Foto Instagram rahmaterwin)

Rahmat Erwin jauh unggul dari lifter lainnya. Medali perak diraih atlet Thailand, Anucha Doungci (321kg) dan perunggu jadu milik atlet Malaysia, Muhammad Erry Hidayat (316kg).

RAKYATKU.COM, -- Rahmat Erwin Abdullah berhasil meraih medali emas angkat besi di kelas 73kg putra sekaligus pecahkan rekor di SEA Games 2021 Vietnam di Hanoi Sports Training and Competition Center, Sabtu (21/5/2022).

Turun di nomor 73 kilogram, Rahmat Erwin berhasil meraih posisi terbaik setelah mencatat total angkatan 345 kilogram. Dengan rincian 155kg snatch dan 190kg clean and jerk.

Rahmat Erwin jauh unggul dari lifter lainnya. Medali perak diraih atlet Thailand, Anucha Doungci (321kg) dan perunggu jadu milik atlet Malaysia, Muhammad Erry Hidayat (316kg).

Baca Juga : Rahmat Erwin Raih Emas Sekaligus Pecahkan Tiga Rekor Cabor Angkat Besi SEA Games

Capaian tersebut membuat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali merasa bangga.

"Sejak meninjau pelatnas angkat besi beberapa waktu lalu saya sudah punya keyakinan kalau Rahmat akan sukses di SEA Games 2021 Vietnam, apalagi dia sudah bermain di Olimpiade," kata Menpora Amali dalam keterangan tertulisnya.

"Saya bangga sekali apalagi dia hari ini bisa memcahkan rekor SEA Games, bahkan mencoba pecahkan rekor dunia. Saat mengalungkan medali tadi saya berpesan bahwa, perjalanan kamu (Rahmat) masih panjang, jadikan prestasi ini untuk menuju kualifikasi Olimpiade 2024 Paris," harap Menpora Amali.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Jempol Atlet Peraih Medali SEA Games, Dispora Siapkan Kucuran Bonus

Pada pertandingan tadi, Rahmat Erwin memulai angkatan snatch dengan beban 142kg, kemudian ditambah menjadi 150kg pada angkatan kedua. Ini menjadi rekor baru SEA Games.

Tak puas dengan pemecahan rekor ini, pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan ini menambah lima kilogram atau 155kg pada angkatan ketiga. Dengan mudah Rahmat menyelesaikan misanya.

Saat giliran clean and jerk, Rahmat sempat mendaftarkan angkatan pembuka 170kg, tetapi kemudian direvisi menjadi 180kg. Ini menjadi psywar dari Indonesia ke kontestan lainnya.

Baca Juga : Tim Basket Putra Indonesia Cetak Sejarah Raih Emas SEA Games 2021

Lifter kelahiran 2000 ini dengan mudah menyelesaikan tugasnya. Ini mempertajam rekor miliknya di SEA Games sebelumnya, yaitu 177kg.

Namun angkatan 180kg Rahmat disamai atlet Thailand, Anucha Doungsri. Karenanya pada angkatan kedua Rahmat menambah angkatan menjadi 190.

Dengan demikian, peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu juga berhasil mencetak rekor baru di SEA Games edisi ke-31. Rekor sebelumnya juga tercipta atas nama Rahmat Erwin.

Baca Juga : Kalahkan Malaysia Lewat Adu Penalti, Timnas Indonesia U-23 Raih Medali Perunggu SEA Games 2021

Sebelumnya, Rahmat Erwin berhasil mengukir rekor kelas 73kg dengan torehan, 145kg snatch dan 177kg clean and jerk. Rekor ini tercipta dalam SEA Games 2019 Filipina.

#Rahmat Erwin Abdullah #angkat besi #SEA Games 2021