Kamis, 19 Mei 2022 07:59

Tercatat di MuRI, Bupati-Wabup Enrekang Ikut Tanam Pohon Serentak HUT Ke-205 Kebun Raya Bogor

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penanaman pohon serentak di Kebun Raya Massenrepulu, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Rabu (18/5/2022).
Penanaman pohon serentak di Kebun Raya Massenrepulu, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Rabu (18/5/2022).

Kegiatan penanaman ini akan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MuRI) sebagai kegiatan penanaman spesies pohon terbanyak serentak di kebun raya.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang melalui Dinas Lingkungan Hidup ikut merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-205 Kebun Raya Bogor ditandai dengan penanaman pohon serentak di Kebun Raya Massenrepulu, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Rabu (18/5/2022).

Penanaman pohon serentak secara hybrid ini juga dilaksanakan di 23 kebun raya Indonesia dengan mengangkat tema Melestarikan Keberagaman, Menginspirasi Kehidupan.

Kegiatan penanaman ini akan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MuRI) sebagai kegiatan penanaman spesies pohon terbanyak serentak di kebun raya. Selain itu, MuRI juga mencatatnya sebagai kegiatan penanaman pohon secara serentak di kebun raya terbanyak.

Baca Juga : Harganas 2022, Ketua TP PKK Enrekang: Momentum Optimalkan Peran Keluarga Cegah Stunting

Bupati Enrekang, Muslimin Bando, Wakil Bupati (Wabup) Enrekang, Asman, beserta Sekretaris Daerah Enrekang, Baba, didampingi beberapa kepala dinas, seperti Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakin), turut hadir serta ikut menanam beberapa jenis pohon.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Enrekang, Mursalim, sedikitnya ada beragam pohon yang ditanam dengan total 39 pohon. "Di antaranya ada Aglaia Eximia, Aglia Elliptica, Euphorianthus Euneurus, Pterocymbium Javanicum, Pangium, Myristica Fatua, Eximia Elliptica," kata dia.

Sementara, Bupati Enrekang, Muslimin Bando, mengatakan kegiatan yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari komitmen para stakeholder.

Baca Juga : Peringatan HKP 2022, Mentan SYL Terima Rekor MuRI sebagai Pemrakarsa Gerakan IP400

"Penanaman serentak ini menjadi wujud nyata dari komitmen seluruh stakeholder pengelola kebun raya untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam mengonservasi keanekaragaman hayati khususnya flora asli Indonesia," ucapnya.

Sponsored by MGID

Sampai saat ini, terdapat 45 kebun raya di Indonesia, dengan rincian lima kebun raya pengelolaan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Eka Karya Bali, serta Kebun Raya Cibinong.

Sementara, terdapat 5 kebun raya dikelola pemerintah daerah tingkat provinsi, 32 kebun raya oleh pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota, dan 3 kebun raya dikelola perguruan tinggi.

Baca Juga : Muslimin Bando Lepas Kafilah Enrekang Menuju MTQ Bone

Terdata, pohon yang akan ditanam secara keseluruhan sebanyak 102 spesies, kesemuanya merupakan jenis yang terancam kepunahan. (*)

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #Kebun Raya Bogor #MuRI #Kebun Raya Massenrepulu