Selasa, 17 Mei 2022 20:01

Bupati Enrekang: Sekolah Harus Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Enrekang: Sekolah Harus Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

"Kurikulum Merdeka menuntut kita harus bergerak dinamis. Model pendidikan berkembang sesuai tuntunan zaman. Belajar bisa dimana saja, melalui berbagai media yang tak pernah kita pikirkan sebelumnya," kata MB.

RAKYATKU.COM, ENREKANG -- Bupati Enrekang Muslimin Bando (MB) menghadiri kegiatan Rapat Kerja Forum Komunikasi Kepala Sekolah Dasar (FKKSD) Kabupaten Enrekang. Acara itu berlangsung di UPT SDN 108 Kabere, Kecamatan Cendana, Selasa (17/5/2022).

Raker FKKSD mengangkat tema "Dengan Semangat Hari Pendidikan Nasional Kita Sukseskan Program Kurikulum Merdeka".

Dalam kesempatan itu, Bupati memberikan sambutan sekaligus menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pengurus FKKSD Periode 2021-2023.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Dalam sambutannya, MB menyampaikan arahan Kemdikbud, mengenai penerapan Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini tengah diujicoba di 2500 sekolah penggerak, termasuk di Enrekang.

Meski saat ini kurikulum ini masih opsional, Ia berharap seluruh SD di Enrekang sudah siap. Termasuk kepala sekolah dan guru yang memenuhi syarat agar bersiap menjadi kepala sekolah penggerak dan guru penggerak.

"Kurikulum Merdeka menuntut kita harus bergerak dinamis. Model pendidikan berkembang sesuai tuntunan zaman. Belajar bisa dimana saja, melalui berbagai media yang tak pernah kita pikirkan sebelumnya," urainya.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Ia mencontohkan, beberapa waktu lalu ada sekolah yang belajar tumbuh-tumbuhan di Kawasan Perkebunan Mitra Farm Maiwa. Mereka menyaksikan langsung proses pembibitan, hingga panen.

"Belajar mengajar tidak lagi dibatasi ruang kelas dan pagar sekolah. Apalagi dengan canggihnya teknologi, dengan memaksimalkan akun belajar.id," kata MB yang dulunya seorang guru.

Kurikulum ini, kata MB, akan terus dievaluasi penerapannya. Hingga di tahun 2024 nanti sudah diterapkan secara penuh di seluruh sekolah. Sebelum itu, Bupati meminta seluruh sekolah di Enrekang sudah siap.

Baca Juga : Optimalkan Penerimaan Pajak, Bupati Enrekang Teken Perjanjian Kerjasama dengan DJP-DJPK

Bupati juga mengajak para kepala sekolah dan guru terus meningkatkan kompetensi. Agar bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi pendidikan. FKKSD ia minta mengambil peran strategis dalam upaya tersebut.

"Saya berharap kepengurusan FKKSD ini lebih energik lagi, serta bisa berkontribusi maksimal dalam peningkatan kualitas pendidikan di daerah kita," tandas Bupati.

Acara ini turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Jumurdin, Kepala BKPSDM Haidar, Camat Cendana beserta unsur forkopimda Cendana, para pengawas sekolah, Ketua FKKSD Alimuddin Akhmad, dan para Kepala Sekolah.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #Kurikulum Merdeka