Kamis, 05 Mei 2022 14:20

Pecahkan Rekor, Jersey 'Tangan Tuhan' Maradona Terjual Rp128,6 Miliar Lewat Lelang

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jersey Diego Maradona (Foto: Anadolu Agency)
Jersey Diego Maradona (Foto: Anadolu Agency)

Gol "Tangan Tuhan" yang terkenal itu dicetak oleh Maradona, yang menjebloskan bola lewat tangannya untuk mengekabui kiper Inggris Peter Shilton.

RAKYATKU.COM, -- Jersey yang dikenakan Diego Maradona ketika mencetak gol "Tangan Tuhan" ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986 terjual dalam lelang di Sotheby's di London pada Rabu dengan harga rekor USD9,28 juta (Rp128, 6 Miliar)

Lelang ini memecahkan rekor sebelumnya untuk memorabilia olahraga yang dibuat manuskrip tanda tangan asli Manifesto Olimpiade 1892 yang dihargai 8,8 juta dolar AS (Rp126 miliar) pada 2019.

Gol "Tangan Tuhan" yang terkenal itu dicetak oleh Maradona, yang menjebloskan bola lewat tangannya untuk mengekabui kiper Inggris Peter Shilton.

Baca Juga : Leandro Paredes dan Cristian Romero Antar Argentina Menang 2-0 atas Indonesia

Pertandingan berlangsung pada perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris, yang dimenangkan Argentina 2-1.

Wasit tidak melihatnya, tapi gol itu tetap disahkan.

Setelah pertandingan, Maradona mengatakan bahwa gol itu dicetak "sedikit dengan kepala Maradona dan sedikit dengan tangan Tuhan."

Baca Juga : Jordi Amat dan Lionel Messi Siap Reuni di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta

Alhasil, Argentina menjuarai Piala Dunia kedua dan gelar terakhir mereka hingga saat ini.

Maradona, yang meninggal karena gagal jantung pada 25 November 2020, dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola terhebat yang pernah ada.

Maradona, yang saat itu berusia 25 tahun, adalah kapten Argentina saat membawa negaranya menjuarai Piala Dunia FIFA 1986.

Baca Juga : Senang Timnas Indonesia Bisa Lawan Argentina, Shin Tae-yong Puji Erick Thohir

Sepanjang karirnya, dia bermain untuk Boca Juniors Argentina, klub Spanyol Barcelona dan Sevilla dan klub Italia Napoli.

Pemain berkebangsaan Argentina adalah pemain Napoli yang dicintai karena berhasil memenangkan gelar Serie A Italia 1987 dan 1990 serta Piala UEFA 1989 bersama klub.

Sumber: Anadolu Agency

#Diego Maradona #Gol Tangan Tuhan #Argentina #jersey