Senin, 02 Mei 2022 23:14

Israel Kecam Rusia usai Sebut Hitler Berdarah Yahudi

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menlu Rusia, Naftali Bennett (Yonatan Sindel /REUTERS)
Menlu Rusia, Naftali Bennett (Yonatan Sindel /REUTERS)

Dalam sinyal memburuknya hubungan dengan Moskow, kementerian luar negeri Israel memanggil duta besar Rusia dan menuntut permintaan maaf.

RAKYATKU.COM, -- Israel mengecam Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Senin (2/5/2022) karena mengklaim bahwa Adolf Hitler memiliki asal-usul Yahudi.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett dalam sebuah pernyataan mengatakan itu adalah kebohongan tak termaafkan yang merendahkan kengerian Holocaust Nazi.

Dalam sinyal memburuknya hubungan dengan Moskow, kementerian luar negeri Israel memanggil duta besar Rusia dan menuntut permintaan maaf.

Baca Juga : Putin Persilahkan Finlandia dan Swedia Gabung NATO, Tapi Ingatkan Hal Ini!

"Kebohongan semacam itu dimaksudkan untuk menuduh orang Yahudi sendiri atas kejahatan paling mengerikan dalam sejarah yang dilakukan terhadap mereka," kata Naftali Bennett dilansir dari Reuters.

"Penggunaan Holocaust orang Yahudi untuk tujuan politik harus segera dihentikan," tambahnya.

Lavrov membuat pernyataan di televisi Italia pada hari Minggu (1/5) ketika dia ditanya mengapa Rusia mengatakan perlu "mendenazifikasi" Ukraina jika presiden negara itu sendiri, Volodymyr Zelenskiy, sendiri adalah orang Yahudi.

Baca Juga : Jokowi Tiba di Rusia untuk Bertemu Putin

"Ketika mereka mengatakan 'Nazifikasi macam apa ini jika kita adalah orang Yahudi', saya pikir Hitler juga memiliki asal-usul Yahudi, jadi itu tidak berarti apa-apa," kata Lavrov kepada saluran Rete 4, berbicara melalui penerjemah Italia.

Sponsored by MGID

"Sudah lama kita mendengar orang-orang Yahudi yang bijak mengatakan bahwa anti-Semit terbesar adalah orang-orang Yahudi itu sendiri," tambahnya.

Dani Dayan, ketua Yad Vashem, peringatan Israel untuk enam juta orang Yahudi yang tewas dalam Holocaust, mengatakan pernyataan menteri Rusia itu adalah penghinaan dan pukulan telak bagi para korban Nazisme yang sebenarnya.

Baca Juga : Rudal Rusia Hantam Pusat Perbelanjaan di Ukraina, Pemimpin G7: Putin Harus Dimintai Pertanggungjawaban

Berbicara di radio Kan, Dayan mengatakan Lavrov menyebarkan teori konspirasi anti-Semit tanpa dasar fakta.

#Israel #Adolf Hitler #Rusia