Selasa, 19 April 2022 12:35

Pipa Induk Bocor Karena Pengeboran Sumur Bor, PDAM Makassar Langsung Turunkan Tim Membenahi

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Petugas teknik PDAM sudah terlihat berjibaku di lokasi kebocoran pipa distribusi utama, diameter 400 mm di Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (18/4/2022).
Petugas teknik PDAM sudah terlihat berjibaku di lokasi kebocoran pipa distribusi utama, diameter 400 mm di Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (18/4/2022).

"Kalau kebocoran besar seperti ini, terpaksa pompa instalasi dimatikan. Berarti seluruh warga tidak memperoleh haknya mendapatkan air bersih. Ini kan masalah besar apalagi bulan puasa, jadi harus diberikan sanksi berupa denda atas kehilangan air ini,” ungkap Beni

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-Sejak semalam, petugas teknik PDAM sudah terlihat berjibaku di lokasi kebocoran pipa distribusi utama, diameter 400 mm di Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (18/4/2022).

Kebocoran diketahui dari pemilik rumah makan yang melakukan pengerjaan dan pengeboran sumur dalam (Sumur Bor).

“Sewaktu melakukan pengeboran, baru sekitar 2 meter tiba tiba air menyembut keluar. Mungkin dikira sumber air, ternyata pipa induk PDAM yang kena,” ujar seorang karyawan.

Baca Juga : Nuansa Lebaran, Beni Harapkan Semangat Tinggi dari Pegawai Perumda Air Minum Kota Makassar

Kepala Bagian Distribusi PDAM Makassar, Ihdar, mengatakan memang jalur pipa induk tersebut sudah dipindahkan ke dalam sebab adanya pelebaran Jalan Perintis.

“Tapi inilah akibat kalau warga tidak melapor dan berkoordinasi dengan pihak lain dalam melakukan kegiatan. Ini kami dapat barang bukti mata bor masih ada di dalam penampang pipa yang bocor,” katanya.

Direktur Utama PDAM Makassar, Beni Iskandar, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini menimbulkan kerugian yang luar biasa, baik bagi masyarakat dan PDAM.

Baca Juga : PDAM Makassar Raih Predikat Bintang 4, Beni Iskandar Dinobatkan Top CEO 2024

“Kalau kebocoran besar seperti ini, terpaksa pompa instalasi dimatikan. Berarti seluruh warga tidak memperoleh haknya mendapatkan air bersih. Ini kan masalah besar apalagi bulan puasa, jadi harus diberikan sanksi berupa denda atas kehilangan air ini,” ungkap Beni.

Dengan dimatikannya pompa instalasi 2 Panaikang yang mengarah ke Tamalanrea, menyebabkan pelanggan yang ada di sepanjang Urip Sumoharjo dan Perintis Kemerdekaan mengalami penurunan suplai air.

Beni pun meminta maaf atas kejadian ini, sekaligus menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan aktifitas penggalian atau pengeboran sumur untuk berkoordinasi.

Baca Juga : Perumda Air Minum Kota Makassar Kobarkan Semangat Pengabdian Dalam Perayaan Natal

“Kiranya dapat menyampaikan kepada kami untuk meminimalisir terjadinya hal serupa yang dapat merugikan banyak pihak,” tutupnya.

 

#pdam makassar #Pipa bocor