Rabu, 30 Maret 2022 11:10

Gelar Pangan Serentak Zona 6 Dipusatkan di Enrekang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Enrekang, Muslimin Bando.
Bupati Enrekang, Muslimin Bando.

Program ini dilaksanakan untuk mengantisipasi gejolak harga dan stok pangan, apalagi Ramadan 1443/2022 M kian dekat.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) menggelar Gelar Pangan Strategis secara serentak. Kegiatan ini terbagi enam zona. Khusus Zona 6 dipusatkan di Kabupaten Enrekang. tepatnya di anjungan Sungai Mata Allo, Rabu (30/3/2022).

Gelar Pangan ini diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan (Diskepan) Sulsel bekerja sama Diskepan Enrekang, Toraja, dan Toraja Utara, serta Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Enrekang, serta melibatkan kelompok tani dan industri rumah tangga binaan Diskepan.

"Gelar Pangan ini adalah pasar murah pangan strategis atau kebutuhan sehari-hari, seperti beras, bawang merah, cabai, dan hortikultura lainnya, serta hasil peternakan dan olahan hasil pertanian," kata Kepala Diskepan Enrekang, Syaparuddin.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Bupati Enrekang, Muslimin Bando (MB), mengajak masyarakat Enrekang dan sekitarnya untuk meramaikan Gelar Pangan ini. Program ini, kata dia, dilaksanakan untuk mengantisipasi gejolak harga dan stok pangan, apalagi Ramadan 1443/2022 M kian dekat.

"Kegiatan ini adalah kesiapsiagaan, respons, dan antisipasi kita menghadapi hari besar keagamaan nasional. Harapan kita, harga pangan strategis bisa tetap stabil dan kita siap menyuplai kebutuhan di dalam dan di luar Kabupaten Enrekang," ujar Muslimin.

Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo, mengatakan dalam gelaran ini, pihaknya juga menggandeng Bulog dan sejumlah toko retail modern untuk menjual produknya di daerah.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Ia mengakui adanya kenaikan harga sejumlah komoditas pangan, tetapi pemerintah memastikan harga dan ketersediaan pangan tetap aman menjelang Ramadan. (*)

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #muslimin bando #Ramadan 2022