Senin, 28 Maret 2022 20:21

Rawan Banjir, Kemensos Siapkan Bantuan Bencana untuk Pemkab Wajo

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rawan Banjir, Kemensos Siapkan Bantuan Bencana untuk Pemkab Wajo

"Karena Wajo merupakan daerah rawan bencana khususnya banjir, kami sudah siapkan bantuan persiapan di gudang Makassar, seperti tenda dan kebutuhan lainnya. Kalau sudah dibutuhkan langsung di kirim ke Wajo," ucap Robben.

RAKYATKU.COM, WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo mendapat bantuan persiapan bencana dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kemensos, Robben Rico, datang langsung menyerahkannya kepada Bupati Wajo, Amran Mahmud.

Penyerahan berlangsung dalam silaturahmi di area Taman Baca Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Wajo atau di belakang tribune Lapangan Merdeka, Kota Sengkang, Senin (28/3/2022).

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

Turut hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan (Sulsel), Moh. Hasan.

Amran Mahmud memberikan apresiasi kepada Sekretaris Ditjen Limjamsos Kemensos RI karena telah membawa bantuan bencana pada momentum Hari Jadi Wajo ke-623.

"Bantuan yang dibawa ini merupakan bantuan persiapan karena Wajo merupakan daerah rawan bencana, utamanya banjir," ucap Amran Mahmud.

Baca Juga : Bersama Pj Bupati dan Forkopimda Kabupaten Wajo Tanam dan Panen Perdana Cabai di Majauleng

Sementara, Sekretaris Ditjen Limjamsos Kemensos RI, Robben Rico, mengatakan bantuan yang diberikan kepada Pemkab Wajo merupakan bantuan persiapan bencana.

"Karena Wajo merupakan daerah rawan bencana khususnya banjir, kami sudah siapkan bantuan persiapan di gudang Makassar, seperti tenda dan kebutuhan lainnya. Kalau sudah dibutuhkan langsung di kirim ke Wajo," ucap Robben.

Turut hadir pada kesempatan ini Wakil Bupati Wajo Amran; Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna; Kapolres Wajo, AKBP Muhammad Islam; Dandim 1406 Wajo, Letkol Inf. Muhamad Juanda Dinata; Sekda Wajo, Armayani; Para kepala perangkat daerah, camat, Ketua TP PPK sekaligus Bunda Baca Wajo, Sitti Maryam, bersama pengurus TP PKK Wajo, kecamatan, desa/Kelurahan, serta undangan lainnya.

Baca Juga : Menyusun RKPD Tahun 2025, Pemkab Wajo Gelar Musrenbang

Sedianya, di lokasi akan dilakukan peresmian taman baca, kawasan kuliner, dan pengukuhan Bunda Baca Desa/Kelurahan se-Kabupaten Wajo. Namun, peresmian dan pengukuhan ditunda dan diundur pada Selasa (29/3/2022) besok usai rapat paripurna HJW.

Peresmian dan pengukuhan ditunda karena Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, belum bisa hadir. "Karena ada kegiatan lain, pak gubernur tidak bisa hadir," ucap Amran Mahmud.

Terkait taman baca, Amran Mahmud berharap bisa membantu anak-anak dalam pengembangan minat baca di Wajo. Menurutnya, pembenahan kawasan ini dimulai sejak kunjungan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel sekitar sebulan lalu.

Baca Juga : Kunjungan Kerja di Wajo, Menteri PPPA Monitoring dan Evaluasi Praktik Baik Pencegahan Perkawinan Anak

Lalu, dengan dukungan berbagai pihak, terutama Wahyuddin Latunreng melalui Yayasan Budaya Wajo, pengembang Perumahan Grand Hill, Muhammad Tilfa, serta perangkat daerah terkait.

"Tempat ini akan dijadikan taman baca. Insyaallah setiap hari akan diharap setiap sekolah untuk bergilir mengunjungi taman baca tersebut sehingga menjadi tempat untuk berkreasi dan berinovasi dalam dunia pendidikan. Apalagi di sini juga ada kawasan kuliner, jadi bisa membaca sambil menikmati kuliner," beber Amran Mahmud.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Moh. Hasan, mengapresiasi usaha dan keseriusan Bupati Wajo untuk meningkatkan minat baca melalui pembenahan kawasan taman baca ini.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Buka Bimbingan Penginputan Data Dukung LPPD

"Sekitar sebulan lalu saya waktu datang untuk mengukuhkan Bunda Baca Kabupaten Wajo, tempat ini masih kelihatan kumuh dan kotor. Alhamdulillah hari ini sudah sangat indah seperti yang kita saksikan bersama," ucapnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Kemensos #Amran Mahmud