Sabtu, 26 Maret 2022 23:13

Enrekang Siapkan Diri Suplai Pangan IKN Nusantara

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Enrekang, Muslimin Bando.
Bupati Enrekang, Muslimin Bando.

"IKN Nusantara adalah peluang bagi Enrekang. Sebab, selama ini kita adalah salah satu penyuplai pangan ke Kalimantan," kata Muslimin Bando.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Kabupaten Enrekang menjadi daerah potensial untuk memasok suplai pangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Bupati Enrekang, Muslimin Bando, berharap jajarannya beserta para petani bersiap untuk menyambut potensi ini.

"IKN Nusantara adalah peluang bagi Enrekang. Sebab, selama ini kita adalah salah satu penyuplai pangan ke Kalimantan," kata Muslimin dalam keterangan yang diterima Rakyatku.com, Sabtu (26/3/2022).

Enrekang sendiri mengirim suplai kebutuhan pokok, seperti daging sapi dan telur. Selain itu, sayur mayur, di antaranya bawang merah, kentang, wortel, kol, jahe, cabai, dan labu siam. Enrekang juga mengirim pelbagai jenis buah, seperti durian, rambutan, salak, hingga alpukat.

Baca Juga : Harganas 2022, Ketua TP PKK Enrekang: Momentum Optimalkan Peran Keluarga Cegah Stunting

Muslimin memaparkan, 9 dari 10 komoditas pangan strategis di IKN nanti, masih harus dipenuhi dari luar. Mulai proses pembangunan sampai IKN berfungsi, otomatis kebutuhan pangan akan bertambah seiring pertambahan penduduk.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional juga memprakirakan penambahan penduduk sekitar 1,5 juta jiwa akibat mobilitas aparatur sipil negara (ASN) beserta keluarga dan pelaku bisnis pendukung ke IKN.

"Sektor pangan menjadi salah satu yang harus diperhatikan dalam perencanaan perkotaan. Maka kita sudah harus memikirkan peningkatan produksi dan kemudahan distribusi. Makanya dalam Musrenbang RKPD tahun 2023 kemarin, saya menekankan perhatian khusus pada sektor pertanian ini," bebernya.

Baca Juga : Muslimin Bando Lepas Kafilah Enrekang Menuju MTQ Bone

Muslimin berharap, meski dirinya tidak lagi menjabat, saat IKN beroperasi, Enrekang masih menjadi pemasok utama kebutuhan pangan di ibu kota dalam tahun-tahun yang akan datang. (*)

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #muslimin bando #ibu kota negara #Nusantara