Rabu, 23 Maret 2022 16:11

Musrenbang RKPD Kabupaten 2023, Bupati Enrekang: Tajamkan dan Selaraskan Prioritas Pembangunan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tingkat Kabupaten 2023 di ruang pola Kantor Bupati Enrekang, Rabu (23/3/2022).
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tingkat Kabupaten 2023 di ruang pola Kantor Bupati Enrekang, Rabu (23/3/2022).

"Lewat forum ini, seluruh pemangku kepentingan bisa menajamkan, menyelaraskan, dan mengklasifikasikan permasalahan serta prioritas pembangunan daerah," ujar Muslimin Bando.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Bupati Enrekang, Muslimin Bando (MB), membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tingkat Kabupaten 2023 di ruang pola Kantor Bupati Enrekang, Rabu (23/3/2022). Musrenbang kali ini mengangkat tema Permantap Kualitas Pembangunan Daerah.

Dalam sambutannya, MB menegaskan pentingnya musrenbang ini sebagai amanah Undang-Undang Sistem Pembangunan Nasional. "Lewat forum ini, seluruh pemangku kepentingan bisa menajamkan, menyelaraskan, dan mengklasifikasikan permasalahan serta prioritas pembangunan daerah," jelas MB.

Ia juga memaparkan kondisi makro ekonomi dan sejumlah capaian pembangunan Enrekang 2021, yang menunjukkan pelbagai indikator positif. Di antaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 72,91 yang berada di lima besar Sulawesi Selatan (Sulsel).

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Selain itu, Umur Harapan Hidup (UHH), Harapan Lama Sekolah (HLS), Rata-rata Lama Sekolah (RLS), dan daya beli menunjukkan peningkatan. Sementara, angka kemiskinan dan tingkat pengangguran terus mengalami penurunan.

Juga menggembirakan, kata MB, pertumbuhan ekonomi Enrekang berada pada posisi keempat se-Sulsel, yakni 6,36 persen, saat masih ada kabupaten lain yang minus karena hantaman COVID-19.

"Sektor pertanian terbukti tangguh meski dalam pandemi sehingga menjadi andalan yang berkontribusi signifikan pada PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Enrekang. Saya minta ini menjadi salah satu prioritas kita," ungkap MB.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

MB meminta musrenbang bisa menghasilkan program dan kegiatan yang memberikan manfaat terbaik bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir pada musrenbang ini, Kepala Badan Kesbangpol Sulsel, Asriady Sulaiman, para pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah, staf ahli, asisten, para kepala perangkat daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan para peserta. (*)

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #muslimin bando