Senin, 14 Maret 2022 16:08

Enam Gubernur Tidak Hadir dalam Ritual Kendi Nusantara di IKN, Semuanya Alasan Izin karena Kesehatan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.
Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

"Semua alasan izin karena kesehatannya," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

RAKYATKU.COM - Enam gubernur tidak hadir dalam ritual penyatuan tanah dan air di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) baru, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (14/3/2022). Semuanya izin karena alasan kesehatan. Hanya ada 28 dari 34 gubernur yang hadir.

Mereka adalah Gubernur Papua, Lukas Enembe. Lukas mengutus Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekda Papua, Y. Derek Hagemu.

Lalu, Gubernur Banten, Wahidin Halim. Ia menugaskan Wakil Gubernur, Andika Hazrumy. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, absen dan mengutus Wakil Gubernur, Abdul Fatah.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Dipanggil Presiden Jokowi, Paparkan Rencana Pembangunan Sulsel

Gubernur Bali, Wayan Koster, juga tidak undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia diwakili Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati.

Kemudian, Gubernur Gorontalo juga tidak hadir dan diwakili Wakil Gubernur, Idris Rahim. Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, absen dan diwakili Wakil Gubernur, Edy Pratowo.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menjelaskan perihal absennya enam gubernur itu. Ia mengatakan mereka tidak hadir karena alasan kesehatan. "Semua alasan izin karena kesehatannya," ujar Heru.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Semobil dengan Presiden Jokowi, Laporkan Perkembangan Sulsel

Usai penyatuan tanah dan air dalam gentong dan penanaman pohon, Jokowi akan bermalam di Titik Nol IKN.

Ia akan ditemani Iriana Jokowi dan sejumlah menteri kabinet, seperti Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri BUMN, Erick Thohir, hingga Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (*)

Sumber: Kumparan

#ibu kota negara #Nusantara #Joko Widodo