Selasa, 08 Maret 2022 12:45

Wali Kota Danny Puas dengan Kinerja PDAM dan PD RPH Kota Makassar

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Makassar,  Moh Ramdhan "Danny" Pomanto.
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto.

Danny mengamati kurang lebih tiga bulan, dan disimpulkan hanya dua BUMD yang memperlihatkan kinerja maksimal yakni PDAM dan RPH.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR-Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny"Pomanto mengaku puas dan mengapresiasi kinerja Penjabat Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan PD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang kurung waktu dalam tiga bulan menunjukkan hasil positif.

Menurut Danny ia mengamati kurang lebih tiga bulan BMUD mana saja yang berkinerja maksimal, dan disimpulkan hanya dua BUMD yang memperlihatkan kinerja maksimal.

Namun, selain dua BUMD tersebut, Danny menganggap Perusda yang lain belum menunjukkan progresnya.

Baca Juga : PDAM Makassar Raih Predikat Bintang 4, Beni Iskandar Dinobatkan Top CEO 2024

“Yang baru kelihatan kesehatannya itu baru PDAM dan RPH, padahal RPH baru-baru sudah dibekukan tetapi berjalan ji,” kata Danny Pomanto, Selasa, (8/3/2022).

Lanjut Danny, dirinya heran PD RPH Makassar bisa secepat itu melakukan penataan walaupun tanpa adanya Anggaran.

Dirinya juga akan merampungkan Peraturan Walikota (Perwali) untuk memperjelas dasar hukum PD RPH Kota Makassar.

Baca Juga : Pemkot Makassar Raih Lima Penghargaan Top BUMD 2024

“Hebatnya lagi RPH bisa berjalan tanpa ada uang, apalagi sudah memproduksi daging berkualitas, bagus sekali itu,” ungkap Danny.

Menanggapi hal tersebut, Penjabat Direksi PD RPH Kota Makassar Syafrullah mengatakan dirinya mengaku enggan melanggar aturan, maka dari itu dirinya masih berada ditahapan penataan.

"Untuk saat ini kami sudah menata PD RPH, untuk langkah selanjutnya kita tidak bisa melangkah ke sana, dikarenakan kami masih menunggu Perwali. Kita tunggu saja Perwalinya dari Pak Wali, baru kita action ke penjualan," katanya.

Baca Juga : Pemkot Makassar-Bank Sulselbar Segera Adakan Koridor Kota Makan Enak 24 Jam

Namun dirinya menghawatirkan dengan adanya kenaikan harga Daging yang berada di pasaran.

"Kita tahu menjelang Bulan Ramadhan itu harga daging naik, nah kondisi seperti ini yang harus kita antisipasi, kasian masyarakat," ujarnya.

Lanjut Syafrullah, yang juga Alumni Universitas Hasanuddin Fakultas Ekonomi tersebut, dirinya membeberkan langkah percepatan dan penataan yang dilakukan sejauh ini.

Baca Juga : Otmilti IV Makassar Resmikan Gedung Baru dan Patung Jenderal Sudirman

"Terkait bisnis kita sudah punya Pola, kita sudah komunikasi secara pribadi dengan sejumlah pengusaha," ungkapnya.

Terpisah Penjabat Direktur Utama PDAM Makassar, Beni Iskandar mengatakan bahwa realisasi peningkatan pendapatan di Perumda Air Minum Makassar cukup signifikan dari 2021-2022.

Beni Iskandar, mengatakan, sejak dua bulan menjabat sebagai Pj. Rasio pelanggan bertambah, sebulan bisa 1.000 hingga 15.000 pelanggan PDAM. Hal itulah juga, kata Beni jadi dasar rekrutmen yang dilakukan PDAM, karena ada pendapatan yang banyak.

Baca Juga : Danny Pomanto Terima Penghargaan Keenam Dari Baznas RI

"Saya masuk di PDAM, arus kas di 7 Desember 2021 sebanyak Rp17 miliar, di Maret 2022 kita punya arus kas Rp47 Miliar. Setiap bulan angka Rp47 Miliar, kalau sudah kita membayar air curah, dia turunnya itu Rp30 Miliar-Rp33 Miliar,” jelas Beny.

“Bandingkan di Desember saya masuk. Tentu dengan adanya itu pasti ada peningkatan laba, kalau ada peningkatan laba pasti saya sudah bisa bayar dividen, jadi tidak ada yang macam-macam,” tambahnya.

Selain itu, quick respon pelayanan PDAM juga meningkat. Pelanggan tidak perlu menunggu lama PDAM langsung menindak lanjuti. “Hanya sejam, langsung ditindak lanjuti, intinya pelayanan ke masyarakat dan pelanggan yang utama, ” jelasnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Terima Penghargaan Keenam Dari Baznas RI

Olehnya tingkat kehilangan air dan kebocoran di bulan Februari 2022 lebih menurun 1 persen, dibandingkan pada Februari 2021 lalu dan PDAM Makassar mengalami peningkatan dibeberapa aspek.

#danny pomanto #pdam makassar #rph makassar