Sabtu, 05 Maret 2022 18:51

Ukraina Peringatkan Rusia untuk Tak Ambil Keuntungan Selama Gencatan Senjata

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pasukan Rusia ( Foto Aljazeera)
Pasukan Rusia ( Foto Aljazeera)

Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk memperingatkan Rusia agar tidak mengambil keuntungan selama gencatan senjata berlangsung

RAKYATKU.COM--Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk memperingatkan Rusia agar tidak mengambil keuntungan dari koridor kemanusiaan yang disepakati untuk memajukan pasukannya.

Vereshchuk mengatakan pihaknya mendapat informasi bahwa pasukan Rusia menggunakan gencatan senjata untuk bergerak lebih dekat ke posisi Ukraina di daerah-daerah di sepanjang rute evakuasi.

"Kami menggunakan saluran ini untuk mengevakuasi warga sipil - wanita dan anak-anak - serta untuk mengirimkan kargo kemanusiaan kepada mereka yang tersisa. Seluruh dunia menyaksikan," kata Vereshchuk dilansir dari BBC, Sabtu (5/3/2022).

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

Vereshchuk juga menegaskan bahwa Komite Internasional Palang Merah menengahi pembicaraan tentang gencatan senjata, dan akan memimpin kolom evakuasi di sepanjang rute yang disepakati ke luar kota.

Gencatan senjata diberlakukan di sekitar kota Mariupol dan Volnovakha mulai pukul 09:00 -16:00 waktu setempat (07:00-14:00 GMT).

#Ukraina #Rusia #gencatan senjata