Senin, 28 Februari 2022 17:30

Yusril Ihza Mahendra: Ucapan Menyejukkanlah yang Dinanti Umat Semua Agama dari Menteri Agama

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Yusril Ihza Mahendra  ( Foto Instagram/ Yusril Ihza Mahendra)
Yusril Ihza Mahendra ( Foto Instagram/ Yusril Ihza Mahendra)

"Ucapan-ucapan yang menyejukkanlah yang dinanti-nanti umat semua agama dari Menteri Agama. Setiap kebijakan yang akan diambil juga perlu direnungkan dalam-dalam segala dampaknya," ucapnya.

RAKYATKU.COM--Ahli hukum tata negara yang juga Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyampaikan nasihat untuk Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas setelah mengeluarkan aturan toa atau pengeras suara di masjid dan musala yang kemudian menjadi polemik saat ini.

Yusril Ihza Mahendra dalam cuitan twitter pribadinya mengatakan daripada Menag Yaqut sibuk mengurusi suara azan dan membanding-bandingkannya dengan gonggongan anjing, yang malah bikin masalah tambah runyam.

Yusril menyarangkan agar Menag lebih baik menata dan mendorong kehidupan beragama yang tenang, aman dan damai di tengah kemajemukan, adalah tugas utama Kementerian Agama.

Baca Juga : Menag Ingatkan Jemaah Haji Hindari Bawa Barang Tak Relevan dan Berbau Politik

"Menteri Agama seyogianya dapat mengajak semua umat beragama hidup berdampingan secara damai dan saling menghormati perbedaan," tulis Yusril, Senin (28/2/2022).

Yusril juga mengingatkan bahwa segala ucapan yang dilontarkan harus hati-hati, halus dan menjunjung tinggi sopan-santun serta budi bahasa.

"Ucapan-ucapan yang menyejukkanlah yang dinanti-nanti umat semua agama dari Menteri Agama. Setiap kebijakan yang akan diambil juga perlu direnungkan dalam-dalam segala dampaknya," ucapnya.

Baca Juga : Di Hadapan Hakim MK, Yusril Beber Sisi Gelap Sistem Proporsional Terbuka

Yusril pun berharap Menteri Agama menjaga lisan, menjaga ucapan agar tidak menimbulkan masalah baru di tengah masyarakat.

"Sudah terlalu banyak masalah dihadapi bangsa dan negara kita ini. Jangan ditambahi lagi dengan masalah baru yang berawal dari ucapan dan kata-kata. Bersikap bijaklah!," tutupnya.

#Yusril Ihza Mahendra #menteri agama #Azan #Pengeras Suara Masjid