Kamis, 24 Februari 2022 10:30

PT Bumi Karsa Kembali Terima Kunjungan Gubernur Gorontalo di Proyek Bendungan Bulango

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
PT Bumi Karsa Kembali Terima Kunjungan Gubernur Gorontalo di Proyek Bendungan Bulango

Pada kunjungan tersebut Rusli Habibie sempat menyaksikan proses peledakan terowongan pengelak. Terowongan ini yang menjadi jalur air sebelum pekerjaan tubuh bendungan dilaksanakan.

RAKYATKU.COM--Proyek Bendungan Bulango di Gorontalo merupakan salah satu proyek yang tengah digarap PT Bumi Karsa. Proyek ini mendapat respon sekaligus apresiasi positif terlebih mengenai progres pelaksanaannya dari pemerintah setempat terkhusus oleh Gubernur Gorontalo yakni Rusli Habibie.

Didampingi oleh Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi II yakni Naswardi dan beberapa pejabat daerah lainnya. Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie melakukan kunjungan ke lokasi proyek untuk kedua kalinya, Senin (21/02/2022).

 

Pada kunjungan tersebut Rusli Habibie sempat menyaksikan proses peledakan terowongan pengelak. Terowongan ini yang menjadi jalur air sebelum pekerjaan tubuh bendungan dilaksanakan.

Baca Juga : PT Bumi Karsa Berhasil Bawa Mahasiswa Pelatihan Raih Juara

Saat ini proses pengerjaan yang telah dikerjakan sepanjang 60 meter dari total 470 meter yang akan dikerjakan. Proyek yang dikerjakan oleh PT Bumi Karsa ini menggandeng sekaligus berkolaborasi dengan perusahaan BUMN.

Rusli Habibie bersyukur bisa melakukan kunjungan yang kedua kalinya. Ia pun memberikan apresiasi terbaik terhadap setiap progres yang berjalan hingga sampai saat ini.

"Melihat progres sampai saat ini saya menilai berjalan dengan sangat kondusif perkembangannya. Saya salut dan sekaligus mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat maupun seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran jalannya proyek Bendungan Bulango," ucapnya.

Baca Juga : PT Bumi Karsa Bersama Yayasan Hadji Kalla Lakukan Aksi Hijau Tanam 70.000 Pohon di Tombolo

Rusli juga mengatakan kelanjutan pembangunan proyek Bendungan Bulango membutuhkan dukungan dari setiap warga, terlebih warga di Desa Tuloa yang bermukim disekitar proyek pembangunan tersebut.

Sponsored by MGID

"Dukungan dari setiap warga sangat terlihat jelas dan terus membaik, tidak seperti pada awal-awal pembangunan di tahun 2019 silam. Saya pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Bone Bolango unsur TNI dan Polri termasuk Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gorontalo yang sudah membantu lancarnya pembebasan lahan. Jika semua bersinergi dan satu pemahaman maka pembangunan Bendungan Bulango diyakini akan segera rampung pengerjaannya,” ujarnya.

Sementara itu, Christianto BL selaku Deputy Project Manager PT Bumi Karsa mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Gorontalo dan seluruh stakeholder atas dukungannya.

Baca Juga : PT. Bumi Karsa Hadirkan Workshop Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM

"Kami akan terus berupaya agar dalam pelaksanaannya tetap berjalan sesuai yang di rencanakan dengan mengutamakan kualitas dan mutu yang terbaik,” kata Christianto

PT Bumi Karsa menangani proyek Bendungan Bulango yang terletak di Desa Tuloa, Kecamatan Bulango Utara, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Proyek tersebut merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Proyek multiyears ini memiliki sejumlah manfaat, diantaranya sebagai pengendali banjir yang kerap dihadapi oleh warga Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, dan Kota Gorontalo.

Baca Juga : Sambut Kemerdekaan, PT Bumi Karsa Tanam 1000 Pohon Mangrove

Kedepannya diharapkan proyek Bendungan Bulango ini dapat menjadi destinasi wisata domestik yang dapat berdampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat terlebih warga yang berada di sekitar bendungan, dan masih banyak manfaat lainnya.

Selain itu, nantinya berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pada wilayah tersebut. Penyelesaian pembangunan proyek Bendungan Bulango ditargetkan rampung pada awal tahun 2024.

#PT Bumi Karsa