Senin, 31 Januari 2022 20:26

Kisah Pahlawan ASI Asal Cibubur, Pompa ASI untuk Korban COVID-19, Kini Dapat Bantuan dari Relawan Berani Bangkit

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ist
ist

Bagaimana tidak, Tina sapaan akrabnya itu setiap hari memompa air susu ibu (ASI) miliknya lalu didonasikan kepada sejumlah bayi kurang beruntung akibat COVID-19.

RAKYATKU.COM, -- Kiasatina Amalia adalah satu dari segelintir orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Bagaimana tidak, Tina sapaan akrabnya itu setiap hari memompa air susu ibu (ASI) miliknya lalu didonasikan kepada sejumlah bayi kurang beruntung akibat COVID-19.

Awal mula ceritanya, Tina yang sedang membaca berita ratusan bahkan ribuan ibu yang minggal akibat COVID-19 merasa iba.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Ingatkan Varian Baru Covid-19

Pikirannya tertuju pada anak-anak mereka, tak jarang ibu yang meninggal dunia masih memiliki anak yang memerlukan asi ekslusif.

Berangkat dari rasa iba pada bayi-bayi itu, Tina mulai memompa ASI nya dan di tempatkan ke dalam wadah, kemudian menawarkan ASI nya secara gratis di media sosial guna di berikan kepada para bayi yang membutuhkan.

Aksi Tina ini pun mendapatkan simpati dari sejumlah ibu-ibu lain. Mereka pun ingin melakukan hal serupa.

Baca Juga : Waspada! COVID-19 Varian XBB Terdeteksi di Indonesia

"Tidak perlu menunggu kaya untuk berbagi, tidak perlu menunggu sukses untuk memberi, tidak perlu menunggu hebat untuk menjadi orang yang berguna bagi orang lain, saya berbagi dengan apa yang saya miliki," ucap Tina.

Bagi orang lain mungkin memberikan ASI adalah hal yang sepele, kan tetapi menjadi sesuatu yang luar biasa bagi bayi-bayi yang tidak bisa mendapatkan ASI karena kehilangan ibunya karena COVID-19.

Dengan banyaknya pendonor ASI tersebut menimbulkan sedikit masalah. Tina kewalahan menyediakan wadah atau kantong untuk menyimpan ASI serta freezer untuk mencegah ASI tersebut rusak.

Baca Juga : Berlaku 17 Juli 2022, Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Perjalanan Dalam dan Luar Negeri

Olehnya Relawan Berani Bangkit memberikan bantuan berupa Kulkas Freezer dan botol Asi ukuran 100 Mill kepada Ibu Tina dan donatur lainnya agar dapat melanjutkan aksi mulianya.

"Dari cerita ibu Tina tersebut relawan berani bangkit memberi donasi kepada ibu Tina untuk melanjutkan kebaikannya," Zaenal Abidin, Deputi Relawan Koordinator Nasional Berani Bangkit, Senin (31/1/2022).

Pemberian donasi tersebut dilakukan pada Minggu (30/1/2022) di perumahan Cibubur, Jakarta Timur.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19 Jelang Pembelajaran Tatap Muka Pemkot Makassar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

"Berani Bangkit sendiri adalah gerakan kerelawanan Recovery Indonesia akibat dampak dari COVID-19 yang bergerak di bidang sosial meliputi Pendidikan, UMKM, dan kebutuhan ibu rumah tangga.

Diketahui Gerakan ini akan terus bergerak dan mengambil peran dalam membantu pemerintah dalam recovery Indonesia.

"Kita berharap dengan adanya gerakan ini Indonesia dapat terlepas dari masa sulit dengan bersama dalam menyelesaikan solusi bangsa sebab kita adalah bangsa yang kuat. Olehnya kita jangan takut untuk berbuat lebih," pungkas Zaenal.

#Relawan Berani Bangkit #Covid-19