Kamis, 27 Januari 2022 22:46

Indonesia Vs Timor Leste: 1 Gol Penalti dan 2 Gol Bunuh Diri Warnai Kemenangan Skuat Garuda

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Indonesia Vs Timor Leste: 1 Gol Penalti dan 2 Gol Bunuh Diri Warnai Kemenangan Skuat Garuda

Indonesia memenangkan pertandingan pertama ini melawan Timor Leste dengan skor 4:1. Kedua tim akan kembali bertanding pada Minggu (30 /1/2022).

RAKYATKU.COM,- Tim nasional (timnas) Indonesia berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor telat 4-1 dalam laga persahabatan FIFA Matchday.

Laga pertama timnas Indonesia vs Timor Leste berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada Kamis (27/1/2022) pukul 20.00 WITA.

Timnas Indonesia sempat teringgal 1-0 di babak pertama lewat gol Paulo Gali melalui serangan balik, dan di babak kedua Indonesia berhasil mengembalikan skor dengan mencetak empat gol lewat Ricky Kambuaya, gol penalti Pratama Arhan dan dua gol bunuh diri dari pemain Timor Leste.

Baca Juga : Meski Menang Besar Lawan Timor Leste, Shin Tae-yong: Kami Tidak Puas

Pada babak pertama Indonesia lebih dominan dalam menguasai bola dan menciptakan peluang. Beberapa peluang berbahaya di depan gawang Timor Leste tercipta melalui kaki Dedik Setiawan,Ramai Rumakiek, Irfan Jaya dan Sani Rizki.

Namun serangan-serangan yang diciptakan skuad Garuda tidak ada yang mampu membobol gawang Timor Leste, sepakan dan sundulannya hanya melebar bahkan ada beberapa yang membentur mistar dan tiang gawang.

 

Justru Timor Leste yang tampil bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik mampu membobol gawang Indonesia pada menit 34' lewat Paulo Gali.

Baca Juga : Hadapi Timor Leste, Shin Tae-yong: Kami Sudah Siap

Berawal dari skema serangan balik cepat, pemain nomor punggung 21 itu menerima umpan lambung jauh yang berhasil dijangkau kemudian menusuk lewat sisi kanan, dan dihadang Alfeandra Dewangga. Namun ia berhasil melepaskan sepakan ke sudut kiri gawang dan menaklukkan kiper Indonesia, Syahrul Trisna. Timor Leste unggul 1-0.

Sponsored by MGID

Tertinggal satu gol Indonesia semakin melancarkan serangan namun lagi-lagi peluang yang diciptakan hanya melebar bahkan hanya membentur tiang gawang.

Sementara itu Timor Leste kembali melancarkan serangan balik, Paulo Gali berhasil mengecoh Syahrul di kotak penalti yang membuat kiper Indonesia Trisna melakukan pelanggaran yang berbuah hadiah penalti.

Baca Juga : Hasil Drawing SEA Games 2021: Indonesia Segrup dengan Vietnam

Mouzinho yang maju sebagai algojo gagal membawa Timor Leste menggandakan keunggulan, tembakan yang dilepaskan ke sudut kiri bawah berhasil ditepis Syahrul Trisna. Skor 1-0 untuk Timor Leste mengakhiri babak pertama.

Di babak kedua Indonesia langsung melancarkan serangan untuk mengejar ketertinggalan, skuad Garuda mendominasi pertandingan dan menciptakan berbagai peluang.

Usaha Indonesia untuk menyamakan kedudukan akhirnya tercipta pada menit 65' Ricky kambuaya berhasil mencetak gol. Berawal dari umpang lambung Evan Dimas yang berhasil dijangkau Ronaldo di depan kotak penalti lalu diteruskan kepada Ricky Kambuaya yang langsung menerobos ke dalam kotak penalti kemudian melepaskan sepakan keras dan gol. Skor 1-1.

Baca Juga : Mantan Pemain PSM, Marc Klok Bisa Bela Timnas Indonesia di SEA Games 2021

Indonesia berbalik unggul pada menit 73' lewat tendagan penalti Pratama Arhan. Berawal dari kemelut di kotak penalti Timor Leste yang kemudian berujung handball yanng dilakukan oleh Gumario Augusto.

Pratama Arhan yang mengeksekusi tendangan penalti tersebut berhasil menaklukkan penjaga gawang Timor Leste. Skor 2-1 untuk Indonesia.

Hanya berselang dua menit Indonesia kembali mencetak gol, berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan yang diarahkan ke kotak penalti yang membuat penjaga gawang Timor Leste mencoba untuk mengantisipasi akan tetapi bola tersebut meluncur keras ke gawang setelah menyentuh tangannya. Skor 3-1.

Baca Juga : Timnas Indonesia Tak Jalani Pertandingan FIFA Matchday di Bulan Maret, Ini Alasannya

Unggul 3:1 anak asuh Shin Tae-yong tidak mengendurkan serangan, hasilnya pada menit 80' kembali berhasil mencetak gol berawal dari crossing Arhan dari sisi kiri yang mengarah kepada Hanis yang coba dihalau pemain bertahan Timor Leste namun halauanya tersebut malah membuat bola masuk ke gawang sendiri. Indonesia unggul 4-1.

Pada menit-menit akhir pertandingan babak kedua Timor Leste berusaha untuk menyamakan kedudukan namun sampai pluit panjang dibunyikan tidak mampu membobol gawang timnas Indonesia.

Indonesia memenangkan pertandingan pertama ini melawan Timor Leste dengan skor 4-1. Kedua tim akan kembali bertanding pada Minggu (30/1/ 2022). (*)

#Timnas Indonesia #Timor Leste #FIFA Matchday