Selasa, 21 Desember 2021 12:02

Tingkatkan Kualitas SDM, Bumi Karsa Fasilitasi Karyawan Peroleh Sertifikasi Insinyur

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tingkatkan Kualitas SDM, Bumi Karsa Fasilitasi Karyawan Peroleh Sertifikasi Insinyur

Hingga saat ini, sudah 75 persen karyawan teknik Bumi Karsa telah memperoleh sertifikasi insinyur.

RAKYATKU.COM -- Bumi Karsa menjadi salah satu perusahaan dibawah naungan Kalla yang menawarkan jasa konstruksi.

Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Bumi Karsa memberikan fasilitas bagi karyawan untuk melanjutkan pendidikan guna memperoleh sertifikasi insinyur.

Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014, dan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017.

Baca Juga : Usia 55 Tahun, Bumi Karsa Jaga Komitmen Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan

Kemudian, secara teknis diatur dalam Peraturan Kementerian PUPR Nomor 10 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi.

Bumi Karsa memberikan wadah bagi kurang lebih 100 karyawan tekniknya untuk menempuh pendidikan sertifikasi insinyur ini.

Pada 13 Desember 2021 lalu, karyawan Bumi Karsa telah mengikuti prosesi penyumpahan insinyur di Universitas Hasanuddin. Pada 15 Desember 2021 lalu telah menjalani proses wisuda di Baruga Universitas Hasanuddin.

Baca Juga : Tingkatkan Kompetensi Tenaga Surveyor, Bumi Karsa Laksanakan Pelatihan Real Time Kinematic

COO PT Bumi Karsa, Ir Kamaluddin mengungkapkan, bahwa seseorang dikatakan sudah mendapatkan gelar insinyur, ketika mereka sudah menempuh profesi insinyur melalui universitas yang bekerja sama dengan PII (Persatuan Insinyur Indonesia).

Program ini hadir untuk meningkatkan kualitas SDM Bumi Karsa yang didominasi oleh karyawan teknik. Hingga saat ini, sudah 75 persen karyawan teknik Bumi Karsa telah memperoleh sertifikasi insinyur.

“Bumi Karsa bergerak dalam jasa kontruksi, kita tidak ingin produk konstruksi yang Bumi Karsa kerjakan ditolak karena tidak dibuat oleh seseorang yang telah sah bergelar insinyur. Hal ini juga sesuai dengan misi perusahaan, untuk menyiapkan SDM yang unggul dan profesional di bidangnya. Hal ini yang melatar belakangi Bumi Karsa mendorong 100 karyawannya untuk memperoleh gelar insinyur. Karena kita menawarkan jasa konstruksi, kekuatan kita ada pada SDM kita,” ungkap Kamaluddin.

Baca Juga : Bumi Karsa Sukses Selesaikan Proyek Pembangunan Rumah Sakit Regional La Mappapenning Bone Sesuai Target

Di sisi lain, sertifikasi insinyur ini memberikan rasa percaya diri bagi karyawan teknik dalam bekerja di bidang konstruksi. Selain itu, sertifikasi insinyur ini juga dapat menekan angka kecelakaan kerja di sektor konstruksi yang cukup tinggi.

Dengan adanya peningkatan kualitas SDM, pekerja yang telah mendapat sertifikasi ini lebih mengerti akan risiko-risiko kerja yang mungkin terjadi, dan menghindari terjadinya kegagalan konstruksi.

“Harapannya saya dengan adanya pengakuan secara sah dari Universitas dan PII, karyawan dapat lebih percaya diri dan memberikan inovasi lebih kepada perusahaan. Karena secara legalitas sudah mendapatkan gelar insinyur. Yang kedua, ialah ada rasa bangga bagi karyawan dengan sertifikasinya. Ini adalah harapan kita bersama,” tutup Kamaluddin.

Penulis : Lisa Emilda
#PT Bumi Karsa