Selasa, 14 Desember 2021 23:03

Pemkot Parepare Luncurkan 33 Inovasi Pendidikan di Kalangan Guru SMP

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peluncuran 33 inovasi dilakukan oleh Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, di Ruang Pola Setdako Parepare, Selasa (14/12/2021).
Peluncuran 33 inovasi dilakukan oleh Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, di Ruang Pola Setdako Parepare, Selasa (14/12/2021).

Bappeda Parepare kini membukukan 33 buah inovasi guru SMP yang telah mengikuti Workshop Champion of Innovation (WCI) berjudul "Bunga Rampai".

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) meluncurkan puluhan inovasi pendidikan yang lahir dari ide kreatif guru-guru pada jenjang SMP.

Bekerja sama dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Bappeda Parepare kini membukukan 33 buah inovasi guru SMP yang telah mengikuti Workshop Champion of Innovation (WCI) berjudul "Bunga Rampai".

Peluncuran 33 inovasi tersebut dilakukan oleh Wali Kota Parepare melalui wakilnya, Pangerang Rahim, didampingi Sekretaris Bappeda, Zulkarnain, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Arifuddin Idris, di Ruang Pola Setdako Parepare, Selasa (14/12/2021).

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Parepare melalui Sekretaris, Zulkarnain, mengatakan peluncuran inovasi merupakan agenda Bappeda bekerja sama LAN RI dalam menggelar WCI melalui dua metode, yakni daring dan luring.

Menurut Zul, peluncuran inovasi telah dilakukan sejak Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, mencanangkannya pada 2016 lalu sebagai tahun inovasi. "Sejak saat itulah ratusan inovasi telah lahir, baik dari birokrat maupun para guru kita hari ini," ungkap Zul, sapaan karib pria berkacamata ini.

Pemkot Parepare, kata dia, berharap dengan peluncuran inovasi di bidang pendidikan ini dapat melahirkan inovator andal di kalangan guru serta dapat menularkan virus baik bagi kalangan guru lainnya.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

"Tadi Pak Wawali mengatakan, ini tidak hanya untuk guru SMP, tapi juga untuk guru SD dan akan terus dipantau dan dievaluasi progresnya," kata Zul.

Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN RI, Isti Heriani, yang ikut menyaksikan peluncuran tersebut secara virtual mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemkot Parepare.

"Bapak-ibu guru sangat beruntung sekali diberi kesempatan berinovasi. Sebanyak 33 inovasi yang dihasilkan. Ini adalah prestasi dihasilkan dalam waktu singkat," ujar Isti Heriani.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

Ia berharap 33 inovasi dari kalangan guru SMP tersebut dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas, khususnya kemajuan pendidikan.

"Ini akan menjadi inspirasi bagi guru lain. Setelah ini akan muncul inovasi lain di lingkungan sekolah. Kami menunggu implementasinya. Dan akan kita monitor 33 inovasi yang di-launching hari ini," paparnya.

Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, juga menyampaikan apresiasi kepada guru-guru yang telah menjadi inovator. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada LAN RI yang telah membimbing guru-guru menjadi inovator andal.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

"Guru harus meng-uprade kemampuannya sehingga kompetensi yang dimiliki dapat sejalan dengan perkembangan dan kondisi kekinian siswa dengan konsep belajar yang nyaman dan aman sehingga siswa kita bida tumbuh kreatif," ulasnya.

Selain peluncuran inovasi, Bappeda Parepare juga memberikan reward atau penghargaan kepada Top 10 Inovasi Terbaik Guru SMP. "Ini berdasarkan penilaian tim independen dari LAN RI, jadi kami Bappeda tidak ikut campur dalam pemberian penilaian. Urutan Top 10 inovasi ini tidak kami rangking, intinya 10 inilah inovasi terbaik dari 33 imovasi yang ada," detail Zul.

Top 10 Inovasi Terbaik

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Pemkot Parepare Gelar Penanaman Pohon Serentak

1. PADAMACCA (Program Budaya Gemar Membaca), UPTD SMP Negeri 4 Parepare, Inovator: Tamrin, S.S.,M.Pd.

2. SIREKAP SPENTWO (Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Google), UPTD SMPN 2 Parepare, Inovator: Asrullah, S.Pd

3. Lontara Sipakariorio, UPTD SMPN 10 Parepare, Inovator: Mirna, S.Pd

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Pemkot Parepare Gelar Penanaman Pohon Serentak

4. Gerakan Kelas Digital SMP 12 Parepare, UPTD SMP Negeri 12 Parepare, Inovator: Abdul Hahid, S.Ag., M.Pd.

5. Pocci Model dan Bengkel Lontara, UPTD SMPN 2 Parepare, Inovator : Rahmaniar, S.S., S.Pd., M.Hum.

6. Benur Arua (Bengkel Numerasi SMP Negeri 8 Parepare), UPTD SMP Negeri 8 Parepare, Inovator: Muhammad Nur

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Pemkot Parepare Gelar Penanaman Pohon Serentak

7. Parepare’s local-based outdoor learning "SIPAKATAU", UPTD SMPN 4 Parepare, Inovator: Zakir, S.Pd., M.E.

8. Magguru (Mari Gunakan Waktu Menuntut Ilmu), UPTD SMPN 9 Parepare, Inovator: Hairil, M.Pd

9. E-Modul La Macca (Smartemodule) "Belajar Menjadi Lebih Menyenangkan, Membaca Menjadi Lebih Mengasyikkan", UPTD SMPN 1 Parepare, Inovator: Tamsiruddin, S.Pd.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Pemkot Parepare Gelar Penanaman Pohon Serentak

10. SIAMASEI (Sistem Managemen Kinerja Guru), SMP IT Bina Insani, Inovator: Restu Pangestu, S.Kom

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare