Selasa, 14 Desember 2021 17:21

BPBD Sulsel Soal Dampak Gempa di Kabupaten Kepulauan Selayar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Zubair Abdi Rahman.
Zubair Abdi Rahman.

Dari asesmen tersebut nantinya akan diketahui dampak dari terjadinya gempa. Namun, tetap akan di-update sesuai dengan kondisi di lokasi bencana.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gempa bumi yang terjadi di Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Selasa (14/12/2021) pukul 10.20 WIB dirasakan di beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, terutama di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pasca kejadian tersebut, Zubair Abdi Rahman selaku Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel mengatakan telah mendapatkan informasi sementara.

"Kami belum bisa sebarkan informasi kalau datanya belum lengkap. Tapi, dari sosial media ada beberapa sekolah yang terdampak pagarnya roboh bangunan retak," kata Zubair.

Baca Juga : Gubernur Andalan Kirim Bantuan untuk Korban Kebakaran di Antang

Ia mengemukakan, untuk mengetahui sejauh mana dampak gempa di Selayar, saat ini sementara dilakukan asesmen dari BPBD. Ada tim dari Bidang Kedaruratan dan Logistik yang akan melakukan hitung cepat jika terjadi bencana di suatu daerah.

"Itulah yang kita tunggu, apa hasil asesmen dari teman Selayar. Jika ada kejadian bencana di kabupaten/kota, sudah ada tim yang melakukan hitung cepat. Artinya hitungan ini bukan menjadi hitungan yang pasti, tapi sifatnya sementara. Kami juga menunggu laporan hitungan cepat nya," tuturnya.

Dari asesmen tersebut nantinya akan diketahui dampak dari terjadinya gempa. Namun, tetap akan di-update sesuai dengan kondisi di lokasi bencana.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 6 Guncang Halmahera Barat

"Mereka langsung turun mengasesmen, nanti kalau ada penambahan kerusakan atau korban maka itu akan di-update lagi nilainya, hitungannya," jelasnya.

Sponsored by MGID

Adapun waktu asesmen tergantung dari lokasi kejadian bencana. Jika lokasi mudah dijangkau, maka hasil asesmen akan keluar segera.

"Bisa satu hari jika lokasi muda dijangkau. Disesuaikan juga dengan medannya. Umpamanya di Selayar. Kalau lokasinya di pulau, itu bisa sampai dua tiga hari karena kita harus menggunakan transportasi laut ke sana. Kalau dampaknya di pulau Selayar atau di Kota Benteng itu tidak lama," bebernya.

Penulis : Syukur
#gempa bumi #bpbd sulsel #Kabupaten Kepulauan Selayar