Senin, 06 Desember 2021 09:10

Vaksinasi COVID-19 di Enrekang Tembus 6 Besar Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"Capaian ini sangat baik, sebab dibanding daerah lain, kita bisa masuk enam besar. Apalagi wilayah kita cukup luas serta akses belum sepenuhnya memadai untuk mobilisasi vaksin dan tim vaksinator," kata Bupati Enrekang, Muslimin Bando.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Enrekang terus digenjot. Berkat antusiasme masyarakat dan sinergitas Dinas Kesehatan, Polres Enrekang, dan Kodim 1419 Enrekang, capaian vaksinasi hampir menyentuh angka 50 persen.

Pada data per 1 Desember 2021, yang dirilis Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional atau KPCPEN, Enrekang berada pada peringkat enam di Sulawesi Selatan (Sulsel).

KPCPEN mendata vaksinasi di Enrekang, untuk dosis pertama sudah 49,54 persen, sedangkan dosis kedua 38,60 persen.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

"Kita semakin dekat dengan target yang diberikan Bapak Presiden (Joko Widodo). Semua daerah di Indonesia harus mencapai 70 persen vaksinasi hingga akhir Desember 2021," kata Bupati Enrekang, Muslimin Bando, Senin (6/12/2021).

Muslimin menyampaikan apresiasi kepada masyarakat atas kesediaan mengikuti vaksinasi. Juga kepada tim medis, vaksinator, Polres, dan Kodim 1419 yang turut menyukseskan vaksinasi COVID-19.

"Capaian ini sangat baik, sebab dibanding daerah lain, kita bisa masuk enam besar. Apalagi wilayah kita cukup luas serta akses belum sepenuhnya memadai untuk mobilisasi vaksin dan tim vaksinator," tuturnya.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Sebelumnya, Enrekang juga mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai penyelenggaraan vaksinasi COVID-19 terbaik secara nasional.

Keberhasilan vaksinasi juga tidak terlepas dari peran TNI-Polri dengan program serbuan vaksinasi. Kegiatan itu mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang hingga tingkat Polsek yang ikut aktif menyukseskan program tersebut.

Pemerintah dan TNI-Polri mampu mendorong dan memobilisasi masyarakat untuk divaksin di sentra-sentra vaksinasi seperti Gerai Vaksin Presisi Polri, Puskesmas, maupun door to door ke pelosok desa.

Baca Juga : Optimalkan Penerimaan Pajak, Bupati Enrekang Teken Perjanjian Kerjasama dengan DJP-DJPK

"Semoga ini semua bisa membaww kita mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity," ujar Kepala Dinas Kesehatan Enrekang, Sutrisno.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #Dinas Kesehatan Enrekang #Vaksinasi Covid-19 Sulsel