Selasa, 23 November 2021 23:03

Pelatihan Tuntas, 26 Warga Langda Enrekang Miliki Sertifikat Keahlian Driver

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sertifikat keahlian diserahkan oleh Camat Buntu Batu yang diwakili Kepala Seksi Kesejahteraan, Firdaus.
Sertifikat keahlian diserahkan oleh Camat Buntu Batu yang diwakili Kepala Seksi Kesejahteraan, Firdaus.

Tujuannya program pelatihan ini, antara lain pemberantasan kemiskinan, peningkatan dan pengembangan keterampilan, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Pemerintah Desa Langda, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel), gencar menggelar pelatihan keahlian bagi warganya. Terbaru, ada 12 warga yang menuntaskan pelatihan khusus keahlian driver atau sopir.

Ke-12 warga ini mendapatkan sertifikat keahlian driver. Penyerahan sertifikat dilaksanakan di Kantor Desa Langda, Selasa (23/11/2021).

Sertifikat keahlian ini diserahkan oleh Camat Buntu Batu yang diwakili Kepala Seksi Kesejahteraan, Firdaus. Ia didampingi Kepala Desa Langda, Risal, beserta jajarannya.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

"Tahun lalu, Pemdes Langda juga menyerahkan sertifikat yang sama kepada 14 orang," jelas Risal.

Dalam dua tahun terakhir, pihaknya telah melatih sedikitnya 26 orang menjadi driver andal.

Dengan melihat perkembangan, Risal merencanakan program serupa pada 2022 nanti. Target jumlah peserta sebanyak 12 orang.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

"Tahun ini 12 orang, kalau tahun lalu itu 14 orang. Tahun depan, kita agendakan lagi sekitar 12 orang," jelas Risal.

Tujuannya program pelatihan ini, antara lain pemberantasan kemiskinan, peningkatan dan pengembangan keterampilan, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat.

"Sekarang semua sudah serba keahlian. Kalau tidak ada keahlian, maka tidak laku. Jadi bukan-mi lagi ijazah yang menjadi patokan, tapi keahlian," lanjut Risal.

Baca Juga : Optimalkan Penerimaan Pajak, Bupati Enrekang Teken Perjanjian Kerjasama dengan DJP-DJPK

Yang menarik dari program ini adalah adanya keterlibatan perempuan. Dalam pelatihan driver selama sebulan itu total 10 jam pelatihan, tiap tahunnya diikuti oleh sedikitnya 2 orang perwakilan perempuan.

Selain, itu warga yang menyandang status sebagai mahasiswa juga turut mengambil bagian. Begitu juga dengan anak muda lainnya yang tidak ingin ketinggalan.

"Intinya, mereka semua adalah yang berumur masa produktif," jelasnya

Baca Juga : Bupati Enrekang Apresiasi Swadaya Warga Perbaikan Jalan Provinsi Poros Kotu-Masalle

Bagi perseorangan maupun korporasi yang membutuhkan tenaga driver atau ingin bekerja sama dalam bidang transportasi, bisa merekrut warga dari Desa Langda.

Selain jenis keterampilan driver tersebut, Desa Langda juga melebarkan sayap ke jenis keterampilan lain yang sangat dibutuhkan masyarakat dengan kondisi milenial saat saat ini.

Tahun depan, pihaknya memprogramkan khususnya untuk pelatihan keterampilan bahasa Inggris yang melibatkan sebanyak 50 orang. Pihaknya berkolaborasi dengan manajemen Kampung Inggris Baraka.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #Desa Langda