Rabu, 27 Oktober 2021 17:55

Pemkot Parepare Gelar Bimtek Kearsipan Berbasis Aplikasi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Iwan Asaad
Iwan Asaad

Iwan Asaad juga mengatakan, bahwa pemanfaatan arsip secara online di lingkup pemerintah daerah merupakan suatu upaya dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

RAKYATKU.COM,PAREPARE -- Dinas Perpustakaan kota Parepare melaksanakan Bimbingan Pelatihan (Bimtek) Kearsipan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) dengan tema menuju era sistem kearsipan berbasis aplikasi, bertempat di Hotel Bukit Kenari, Kota Parepare, Rabu (27/19/2021).

Pelatihan tersebut dibuka Sekretaris Daerah Parepare, H Iwan Asaad, dan dihadiri Kepala Seksi Layanan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, Andi Bachtiar, plt Kepala Dinas perpustakaan Parepare, Suriani, Sekdis Perpustakaan Parepare, St Rahmawati yang membawakan materi tentang Perda Kearsipan, serta perwakilan SKPD yang ada di Kota Parepare.

Iwan Asaad pada kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa pelaksanaan bimbingan teknis ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan kepada pengelola arsip di masing-masing SKPD sehingga dapat mengelola arsip secara optimal.

Baca Juga : Tim SAR Gabungan Parepare Tanggulangi Dampak Cuaca Ekstrem, Siaga di 4 Titik Paling Rawan

“Melalui bimtek ini diharapkan dapat menyamakan persepsi tentang pengelolaan arsip sesuai dengan standar pengelolaan kearsipan," katanya.

Pada kesempatan itu, Iwan Asaad juga mengatakan, bahwa pemanfaatan arsip secara online di lingkup pemerintah daerah merupakan suatu upaya dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

 

“Dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, maka harus didukung oleh tata kelola kearsipan yang akuntabel. Arsip merupakan sangat penting dalam lingkup pemerintah daerah yang harus dijaga dan ditingkatkan esensinya dengan melakukan suatu pembinaan dalam pengelolaan kearsipan,” tandasnya.

Baca Juga : Pemkot Parepare Diganjar Anugerah Meritokrasi 2021 Kategori Baik

Sementara, Seksi Layanan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Bakhtiar yang selaku pemateri dalam kegiatan ini mengatakan, bimtek ini berdasarkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang sudah dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo, bahwa seluruh administrasi pemerintahan yang ada di Indonesia akan dikelola dengan menggunakan IT melalui aplikasi SRIKANDI ini.

Sponsored by MGID

“Jadi sistem ini untuk mempercepat proses administrasi di masing-masing OPD dengan menggunakan aplikasi SRIKANDI,” terangnya.

Senada disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Parepare, Suriani, bahwa kegiatan Bimtek ini untuk memberikan pemahaman bagi semua SKPD untuk layanan atau sistem SRIKANDI.

Baca Juga : Cuaca Ekstrem, TP Minta Unit Bantuan Bersiaga

“Jadi yang dilakukan ini masih dalam sosialisasi, baru tahapan uji coba pemanfaatan aplikasi SRIKANDI ini. Jadi nanti pada tahun 2022 nantinya seluruh indonesia sudah dapat menjalankan aplikasi tersebut,” jelas Suriani.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare