Minggu, 24 Oktober 2021 19:02

Baznas Makassar Teken MoU dengan Kemenag dan Serahkan Bantuan kepada Kaum Dhuafa

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Baznas Makassar Teken MoU dengan Kemenag dan Serahkan Bantuan kepada Kaum Dhuafa

Baznas juga menyerahkan bantuan operasional duafa produktif yang nantinya akan menjadi saudagar tangguh Baznas.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Makassar mengelar peringatan maulid Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam di pelataran kantor Baznas Kota Makassar, Jalan Teduh Bersinar, Kecamatan Rappocini, Minggu (24/10/2021).

Dalam peringatan maulid ini, Baznas Makassar juga melakukan penandatanganan MoU pengelolaan zakat dengan Kementerian Agama Makassar, launching program bantuan operasional duafa produktif dan penyerahan bantuan untuk penerima manfaat.

Ketua Baznas Makassar, HM Ashar Tamanggong mengatakan bahwa dari hasil penandatanganan MoU ini, maka seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup kementerian agama Kota Makassar akan menyalurkan zakatnya di Baznas Makassar.

Baca Juga : Baznas Makassar Gelar Workshop Dai Zakat, Ingatkan Potensi Bahaya bagi Orang Mampu

"Setiap bulan itu diambilkan dari penghasilannya zakat 2,5 persen atau infak seikhlasnya," kata Ashar.

Ashar menyampaikan bahwa Baznas juga menyerahkan bantuan operasional duafa produktif yang nantinya akan menjadi saudagar tangguh Baznas.

 

"Ini bantuan operasional duafa produktif, kita akan menyasar pengusaha-pengusaha kecil UMKM di Kota Makassar diberikan bantuan modal. Jumlahnya ditentukan dari hasil asesmen," ucap Ashar.

Baca Juga : Belum Diluncurkan, Kotak S3R Baznas Sudah Banyak Peminat

Selain itu, kata Ashar, Baznas Makassar juga memberikan bantuan kepada para siswa dan santri, mereka diberikan beasiswa dan tentunya akan menjadi keluarga Baznas.

Sponsored by MGID

"Hari ini kita menyerahkan bantuan beasiswa ke 38 orang dari tahap kedua, tahap pertama 20 orang karena kita mau targetnya tahun ini 100 duafa penerima beasiswa," ungkap Ashar.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Makassar Dr HM Arsyad Ambo Tuo mengatakan dengan adanya penandatanganan ini akan semakin memberikan spirit, semakin memberikan motivasi kepada kita semua secara kolektif untuk ambil bagian bahwa zakat adalah sesuatu yang penting karena bukan semata mata dari aspek syar'i-nya saja tetapi di dalamnya ada nilai kemanusiaan.

Baca Juga : Bantu para Pengusaha Kecil, Baznas Makassar Luncurkan Program Bantuan Operasional Duafa Produktif

"Untuk itu mari kita berikan dukungan dan apresiasi terhadap program yang telah dan insya Allah akan dilaksanakan oleh Baznas Makassar," ujar Arsyad.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Kota Makassar, Irwan Bangsawan yang hadir mewakili Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengapresiasi pelaksanaan maulid oleh Baznas Makassar yang dirangkaikan dengan beberapa kegiatan atau program yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Ini luar biasa, ini adalah inovasi, kenapa? karena ini memberikan bantuan sesuai dengan keadaan bukan keinginannya sehingga bisa bermanfaat untuk mereka," kata Irwan.

Baca Juga : Cepat Tanggap Bantu Korban Kebakaran, Baznas Makassar Dapat Apresiasi Dinsos

Sehingga, kata Irwan, ini yang perlu diperhatikan bersama ke depannya bahwa program-program inovasi seperti ini bisa dilaksanakan dengan baik dan tentunya harus berdampingan dan bersandingan dengan Pemerintah Kota Makassar.

"Kita berharap nantinya ada inovasi yang baru, kreativitas yang dapat dipertanggungjawabkan yang tentunya disampaikan kepada masyarakat yang bisa bermanfaat untuk kita semua," tutur Irwan.

Acara maulid ini ditutup dengan hikmah maulid yang dibawakan oleh Dr KH Amirullah Amri, pimpinan Pondok Pesantren Ainul Yaqin Tompobulu Maros.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Usman Pala
#baznas makassar