Jumat, 15 Oktober 2021 22:02

Cegah Covid-19, Rutan Makassar Uji Coba Penerapan Peduli Lindungi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Cegah Covid-19, Rutan Makassar Uji Coba Penerapan Peduli Lindungi

Uji coba ini merupakan tindak lanjut dari arahan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam hal pemasangan QR-Code di seluruh UPT naungan Kementerian Hukum dan HAM.

RAKYATKU.COM - Rumah tahanan (Rutan) Makassar melakukan upaya maksimal untuk mencegah masuknya virus Covid-19 ke rumah tahanan.

Upaya tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di area rutan. Selain itu vaksinasi bagi warga binaan sebagai upaya untuk meningkatkan kekebalan kelompok di dalam Rutan Makassar juga telah dilakukan.

Dengan tren penurunan positif Covid-19, pihak Rutan Makassar melakukan antisipasi dini agar tidak kecolongan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mematangkan kesigapan dalam era new normal.

Baca Juga : Begini Upaya Pencegahan Covid 19 di Rutan Makassar

Untuk itu Rutan Makassar telah meluncurkan uji coba penerapan aplikasi peduli lindungi dari Kementerian Kesehatan pada Jumat (15/10/2021).

Pelaksana harian Kepala Rutan Makassar, Darmansyah mengatakan, uji coba ini merupakan tindak lanjut dari arahan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam hal pemasangan QR-Code di seluruh UPT naungan Kementerian Hukum dan HAM.

 

"Persiapannya dari September sesuai arahan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan kemarin Rutan Makassar sudah mendapat respons dari Kemenkes terkait penerbitan QR Code-nya, untuk itu hari ini langsung kami uji coba," katanya.

Baca Juga : Rutan Makassar Dukung Akselerasi Indonesia Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Darmansyah menyebut bahwa uji coba ini dilakukan mengingat pandemi Covid-19 yang mulai terkendali, sehingga ada kemungkinan untuk opsi kembali membuka layanan kunjungan. Meski begitu, lanjutnya, kepastian dibukanya kembali layanan kunjungan masih bergantung kepada Ditjen Pemasyarakatan.

Sponsored by MGID

"Yang pasti untuk sekarang sasarannya adalah memastikan bahwa lalu lintas orang yang masuk ke rutan telah melakukan vaksinasi. Mulai dari jajaran petugas rutan sendiri, aparat penegak hukum, hingga tamu-tamu dinas," tambahnya.

Selain itu, saat ini Rutan Makassar telah menggencarkan vaksinasi bagi warga binaan. Hasilnya 96 persen warga binaan telah menjalani vaksinasi.

Baca Juga : Cegah Kerumunan Antrean, Rutan Makassar Vaksinasi dengan Sistem Jemput Bola

"Langkah intens pencegahan Covid-19 terus kami galakkan tidak hanya dari dalam namun juga dari luar. Hal ini merupakan ikhtiar kami untuk terus menjamin hak sehat bagi warga binaan," sebutnya.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Syukur
#rutan makassar