Rabu, 13 Oktober 2021 21:02

Kota Parepare Berstatus Zona Hijau, Tim Covid-19 Sudah Ditarik dari Rumah Sakit

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kota Parepare Berstatus Zona Hijau, Tim Covid-19 Sudah Ditarik dari Rumah Sakit

Tidak ada lagi pasien Covid-19 yang dirawat di tiga rumah sakit di Parepare.

RAKYATKU.COM,PAREPARE -- Kota Parepare kini berstatus zona hijau. Tak ada lagi kasus aktif atau zero positif Covid-19 tercatat pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Parepare.

Plt Kadis Kesehatan Kota Parepare, Rahmawaty Natsier mengatakan, berdasarkan data 12 Oktober 2021, kasus Covid-19 terus melandai. Tidak ada lagi pasien Covid-19 di Rumah Sakit Andi Makassau, RS Sumantri, dan RS Fatimah. Begitupun pasien yang melakukan isolasi mandiri.

"Alhamdulilah Parepare zero Covid-19. Bahkan angka reproduksi efektif (RT) sangat terkendali yaitu 0.01," kata Rahmawaty kepada wartawan, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga : Hadiri Musrenbang, Kaharuddin Kadir Serahkan Pokir DPRD Parepare

Dirinya mengungkapkan, zero Covid-19 di Kota Parepare tidak membuat masyarakat lengah. Justru, hal ini patut dijadikan momentum untuk lebih ketat lagi menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

"Untuk menjaga kondisi ini, seluruh pihak harus memiliki andil untuk bersama-sama perketat dan disiplin dalam protokol kesehatan. Jika ini kita pertahankan, pemulihan Covid dan ekonomi di Kota Parepare akan terus membaik," ungkapnya.

Sebelumnya, Pemkot Parepare telah menurunkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level tiga menjadi level 2. Penurunan ini imbas dari kasus Covid-19 di Kota Parepare yang terus melandai dan terkendali.

Baca Juga : Buka Musrenbang RKPD Tingkat Kota, Akbar Ali Tekankan Keterlibatan Masyarakat

Dari surat edaran PPKM yang berlaku dari 5 sampai 18 Oktober 2021, beberapan kegiatan masyarakat mulai diloganggarkan. Sekolah tatap muka terbatas mulai diperbolehkan. Pertandingan olahraga bahkan car free day boleh digelar. Begitupun aktivitas ekonomi yang kini boleh sampai jam 10 malam. Sementara untuk kapasitas pengunjung 50 persen dari kapasitas ruangan.

Sebelumnya Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, turunnya jumlah kasus Covid-19 di Parepare tidak lepas dari kerja sama berbagai pihak yang didukung oleh kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Parepare terus menurun. Itu berkat perjuangan tenaga kesehatan yang mesti mendapat apresiasi tinggi, serta peningkatan kesadaran masyarakat untuk taat dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkot Parepare Raih Kuota Formasi CPNS 2024 Sebanyak 88 Kursi

Menurut wali kota Parepare dua periode itu, penurunan kasus aktif haruslah dibarengi dengan kesadaran untuk melakukan vaksinasi. Ia mengajak masyarakat yang belum vaksinasi agar mendatangi puskesmas-puskesmas terdekat.

“Insya Allah ketika masyarakat Kota Parepare telah menjalani vaksinasi, maka akan terbentuk herd immunity, kehidupan kemasyarakatan akan pulih kembali dan akan diikuti dengan kebangkitan ekonomi,” tandas dia.

Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari menambahkan karena sudah tidak ada lagi pasien corona yang dirawat olehnya itu tim Covid-19 di RS dikembalikan ke tempat tugasnya masing-masing.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali Berbagi Kebahagiaan di Panti Jompo

"Namun tetap kita akan siagakan jika sewaktu-waktu diperlukan," tambahnya.

 

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare