Sabtu, 02 Oktober 2021 21:31

Staf Ahli Menteri PUPR Tinjau Kawasan Niaga Parepare

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Staf Ahli Menteri PUPR Tinjau Kawasan Niaga Parepare

Kunjungan ini terkait penetapan Kawasan Niaga Parepare menjadi lokasi penanganan kumuh kawasan perkotaan tahun anggaran 2021.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Staf Ahli Menteri Bidang Keterpaduan Pembangunan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengunjungi Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/10/2021).

Kunjungan ini terkait penetapan Kawasan Niaga Parepare menjadi lokasi penanganan kumuh kawasan perkotaan tahun anggaran 2021.

Staf Ahli Menteri datang bersama Kapus Wilayah 3 BPIW, BPIW Kabid Wilayah 3, Sukor Wilayah Sulsel BPIW, Subdit Wilayah 3 Direktorat PKP, Kepala Balai PPW Sulsel, PPK Wilayah PKP Sulsel, Subdit Direktorat Perumahan Wilayah 3, PPK Perumahan, dan anggota tim lainnya.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

Kepala Bappeda Kota Parepare, Samsuddin Taha, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare beserta jajaran yang menyambut Staf Ahli Menteri bersama rombongan dan mendampingi selama di Parepare.

"Kunjungan ini dalam rangka kegiatan penanganan kolaboratif kawasan permukiman di mana Kawasan Niaga Kota Parepare terpilih sebagai lokasi penanganan tahun anggaran 2021. Kawasan Niaga ini ada empat Kelurahan, yaitu Kelurahan Watang Soreang, Kelurahan Lakessi, Kelurahan Kampung Pisang, dan Kelurahan Ujung Sabbang," ungkap Samsuddin.

Penanganan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kelurahan Watang Soreang dan Kelurahan Lakessi dilakukan pada 2021. Sementara, pada 2022 di Kelurahan Ujung Sabbang dan Kelurahan Kampung Pisang.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Penanganan itu dengan perincian, sebaran kebutuhan RTLH di Kelurahan Watang Soreang sebanyak 158 unit. Kemudian yang diusulkan 149 unit. Dari 149 unit tersebut, terdapat beberapa rumah yang telah ditangani oleh Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Sisa RTLH yang lolos verifikasi dan layak mendapat bantuan adalah sebanyak 59 unit. Itu dikarenakan dari data 149 unit tersebut, ada beberapa rumah yang tidak memenuhi kriteria penerima bantuan BSPS, sebab merupakan lahan sengketa, tidak memiliki kepemilikan lahan yang sah, rumah berstatus sewa, pindah rumah, serta memiliki rumah yang layak.

Serta berdasarkan hasil verifikasi Subdit Perumahan terdapat 1 rumah layak huni sehingga usulan RTLH menjadi tersisa 58 unit.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

Sementara, sebaran kebutuhan RTLH di Kelurahan Lakessi sebanyak 41 unit. Dari 41 tersebut, terdapat beberapa rumah yang telah ditangani oleh DAK. Sisa RTLH yang lolos verifikasi dan layak mendapat bantuan adalah sebanyak 24 unit.

Ini dikarenakan dari data 41 unit tersebut, ada beberapa rumah yang tidak memenuhi kriteria penerima bantuan BSPS, sebab tidak memiliki kepemilikan lahan yang sah, rumah berstatus sewa, pindah rumah, serta memiliki rumah yang layak.

Kemudian sebaran kebutuhan RTLH di Kelurahan Ujung Sabbang sebanyak 89 unit. Sisa RTLH yang lolos verifikasi dan layak mendapat bantuan adalah sebanyak 28 unit. Dikarenakan dari data 89 unit tersebut, ada beberapa rumah yang tidak memenuhi kriteria penerima bantuan.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

Sedangkan sebaran kebutuhan RTLH di Kelurahan Kampung Pisang sebanyak 57 unit. Sisa RTLH yang lolos verifikasi dan layak mendapat bantuan adalah sebanyak 15 unit. Dikarenakan dari data 57 unit tersebut, terdapat beberapa rumah yang tidak memenuhi kriteria penerima bantuan BSPS.

Samsuddin mengemukakan, dalam penanganan kumuh di kawasan perkotaan ini, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya dan Ditjen Perumahan telah melaksanakan beberapa program di sektor permukiman dan perumahan melalui program Kotaku.

Program ini bertujuan meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar serta peningkatan akses perumahan permukiman yang layak huni, aman, terjangkau, produktif dan berkelanjutan di permukiman kumuh perkotaan.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Pemkot Parepare Gelar Penanaman Pohon Serentak

Ditambah program BSPS yang merupakan bantuan pemerintah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan peningkatan kualitas rumahnya beserta prasarana, sarana dan utilitas umumnya.

"Jadi untuk meningkatkan keberhasilan serta mengoptimalkan program yang dilaksanakan perlu adanya sinergi dan keterpaduan terutama dalam menetapkan Lokus yang menjadi target penanganan," kata Samsuddin.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare