Selasa, 10 Agustus 2021 21:02

Merdeka Ekspor 2021, Sulsel Akan Mengekspor 6 Komoditas Pertanian Unggulan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Merdeka Ekspor 2021, Sulsel Akan Mengekspor 6 Komoditas Pertanian Unggulan

Komoditas yang akan diekspor adalah kacang mede, kakao bubuk, kakao pasta, kakao biji, porang, dan cabai yang semuanya berasal dari kabupaten di Sulawesi Selatan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sulawesi Selatan (Sulsel) akan mengekspor enam komoditas pertanian unggulan ke berbagai negara di dunia pada Merdeka Ekspor 2021, Sabtu (14/8/2021) nanti. Saat ini Karantina Pertanian Makassar masih terus melakukan update data peningkatan jumlah ekspor.

"Setelah ini apdate terakhir data kita progresnya terus naik, dari Rp28 miliar menjadi Rp51 miliar," kata Kepala UPT Karantina Pertanian Makassar, Lutfi Natsir, saat audiensi dengan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (10/8/2021).

Adapun komoditas tersebut, lanjut Lutfi, terdiri atas kacang mede, kakao bubuk, kakao pasta, kakao biji, porang, dan cabai yang semuanya berasal dari kabupaten di Sulsel. Lutfi juga berterima kasih kepada Plt Gubernur Sulsel atas perhatian penuhnya terhadap kegiatan tersebut.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

"Pemprov Sulsel alhamdulillah sangat mendukung dan ini akan berlanjut terus dan berlangsung secara sistenable. Ini 17 pintu semua pelabuhan besar di Indonesia, termasuk di Makassar," tambah Lutfi yang didampingi Sri Utami selaku Koordinator Bidang Karantina Hewan.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, memberikan tanggapan positif. Ia pun menegaskan ikut mendukungan peningkatan ekspor komoditas pertanian unggulan ke berbagai negara pada Merdeka Ekspor nanti.

"Kami akan mengerahkan seluruh pihak terkait untuk membantu segala kebutuhan terkait pelaksanaan Merdeka Ekspor ini,” kata Andi Sudirman.

Baca Juga : Terobosan Penjabat Gubernur Tekan Biaya Distribusi Barang di Sulsel

Dalam kesempatan ini, tak hanya melakukan audiensi, pihak Karantina Pertanian Makassar juga memperkenalkan aplikasi iMACE yang dibuat oleh Badan Karantina Pertanian tentang peta sebaran komoditas ekspor Indonesia, khususnya di Sulsel.

Penulis : Syukur
#Merdeka ekspor #Pemprov Sulsel #Plt Gubernur Sulsel #Balai Besar Karantina Pertanian Makassar