Kamis, 05 Agustus 2021 14:19

PPATK Sudah Telusuri Semua Rekening Anak Akidi Tio, Ini Fakta Terbaru Sumbangan Rp2 Triliun

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Heriyanti
Heriyanti

Dokter Nur ternyata ikut serta ke Bank Mandiri pada hari yang dijadwalkan pencairan sumbangan Heriyanti.

RAKYATKU.COM - Sumbangan Rp2 triliun dari keluarga Akidi Tio tak kunjung cair. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) sudah memeriksa isi rekening Heriyanti. Berapa isinya?

Sebelum mengungkap isi rekeningnya, satu yang menarik adalah ketenangan yang ditunjukkan Heriyanti. Banyak orang yang heran. Termasuk dr Siti Mirza Nuria, SpOG.

dr Siti Mirza Nuria ini salah satu informan Dahlan Iskan. Dalam tulisannya di disway.id, Dahlan Iskan menginisialkannya sebagai "Si Cantik". Sekarang bertugas sebagai dokter spesialis kandungan salah satu rumah sakit swasta di Palembang.

Baca Juga : Menantu Akidi Tio Bilang Uangnya Ada di Bank Singapura, Polda Sumsel Batal Jadikan Tersangka

Mengapa digelari Si Cantik? Rupanya Dokter Nur --sapaan akrab Siti Mirza Nuria-- mantan Puteri Indonesia tahun 1977.

Suaminya, Emyr juga dokter yang belakangan jadi pengusaha restoran Padang. Pria yang meninggal tahun lalu itu ternyata vokalis Country Road bersama Tantowi Yahya, duta besar Indonesia untuk Selandia Baru dan negara-negara Pasifik Selatan.

Nah, Dokter Nur punya piutang kepada Heriyanti Rp3 miliar. Atau kalau dibalik bahasanya, Heriyanti pernah meminjam uang kepada Dokter Nur. Sampai sekarang belum dibayar atau dikembalikan.

Baca Juga : Sumbangan Rp2 Triliun Keluarga Akidi Tio Ternyata Sebatas Styrofoam, Ini Sosok yang Membongkarnya

Dokter Nur dijanji akan dibayar pada Senin (2/8/2021), bertepatan dengan jadwal pencairan sumbangan Rp2 triliun ke Polda Sumatera Selatan. Ternyata tak kesampaian.

Dokter Nur ternyata ikut serta ke Bank Mandiri pada hari yang dijadwalkan pencairan sumbangan Heriyanti. Polisi semobil dengan Heriyanti. Sementara Dokter Nur datang sendiri.

Menariknya, Dokter Nur bukan diajak oleh polisi, melainkan ditelepon langsung Heriyanti. Sesampai di Bank Mandiri, dia menyaksikan Heriyanti sangat tenang.

Baca Juga : Dahlan Iskan "Bikin Pusing" Kapolda Sumsel Setelah Terima Bantuan Rp2 Triliun dari Keluarga Akidi Tio

Saat bilyet giro senilai Rp2 triliun hendak dicairkan polisi, bank bilang saldonya tidak cukup. Tidak disebutkan berapa saldonya. Dahlan Iskan menulis, "Konon hanya Rp30 juta."

Informasi itu diperkuat hasil penelusuran Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Ternyata saldo di rekening Heriyanti tak sampai Rp2 triliun.

"Dalam perjalanannya, kita melihat bahwa ini ada inkonsistensi yang sangat besar antara penyumbang dengan uang sumbangannya karena aktivitas rekening yang dimiliki Heriyanti dan pihak terkait lainnya itu bisa dikatakan sangat rendah, jauh dari Rp2 triliun," ujar Kepala PPATK, Dian Ediana Rae, dalam program Sapa Indonesia Malam di Kompas TV, Rabu (4/8/2021).

Baca Juga : Dahlan Iskan "Bikin Pusing" Kapolda Sumsel Setelah Terima Bantuan Rp2 Triliun dari Keluarga Akidi Tio

Berdasarkan penelusuran tersebut, PPATK kemudian mengambil kesimpulan bahwa jumlah uang yang tersimpan di rekening Heriyanti dan pihak terkait sangat kontras dengan janjinya yang akan menyumbangkan Rp2 triliun.

"Kita sudah telusuri semua rekening terkait dan kita bisa simpulkan secara kualitatif bahwa memang jauh dari memadai untuk bisa memenuhi sumbangannya yang sudah dijanjikan," kata Dian.

#akidi tio