Sabtu, 03 Juli 2021 11:02

KKN Unhas Gelombang 106 Sasar Kecamatan Rappocini, Siap Dukung Program Makassar Recover

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Hasanuddin (Unhas) gelombang 106 tahun 2021.
Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Hasanuddin (Unhas) gelombang 106 tahun 2021.

KKN yang dilakukan selama masa pandemi COVID-19 ini dominan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan daring atau online. Hal ini bertujuan untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan Pemerintah Kota Makassar, khususnya program Makassar Recover.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata kkn tematik unhas" href="https://rakyatku.com/tag/kkn-tematik-unhas">(KKN) Tematik Universitas Hasanuddin (Unhas) gelombang 106 tahun 2021 resmi diterima di Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Jumat (2/7/2021) kemarin. Penerimaan secara seremonial digelar di Aula Kantor Camat Rappocini.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Master COVID-19 Kecamatan Rappocini, Danramil, dosen pendamping KKN, pihak perwakilan Kecamatan Rappocini, serta perwakilan mahasiswa KKN Tematik Unhas gelombang 106 Kelompok Rappocini.

Dalam sambutannya, perwakilan dosen pembimbing KKN Kecamatan Rappocini, Dr. Anas Iswanto Anwar, menyampaikan harapannya agar pemerintah kecamatan dan segenap pemerintah kelurahan di Kecamatan Rappocini dapat menerima kehadiran para peserta KKN Unhas yang berjumlah 200-an orang lebih tersebut dengan baik.

Baca Juga : Senangnya Bupati Gowa Terima Mahasiswa KKN Tematik Unhas Secara Virtual

"Walaupun aktivitas peserta KKN diharapkan dominan secara daring, tapi sinergitas antara pemerintah dan peserta KKN harus tetap berjalan secara positif. Saya juga mengingatkan kepada semua peserta KKN agar menjadi contoh di masyarakat, terutama terkait penerapan protokol kesehatan dalam beraktivitas," imbaunya.

Sementara itu, salah satu dosen pendamping KKN Kecamatan Rappocini, Andi Lukman Irwan, menjelaskan bahwa kegiatan KKN yang dilakukan selama masa pandemi COVID-19 ini dominan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan daring atau online. Hal ini bertujuan untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan Pemerintah Kota Makassar, khususnya program Makassar Recover.

"Kegiatan KKN yang dilakukan oleh peserta berbasis domisili di wilayah masing-masing. Kita fokuskan untuk memberi edukasi kepada masyarakat setempat untuk selalu taat dalam mematuhi protokol kesehatan serta memberikan pendampingan khususnya kepada kelompok-kelompok usaha agar bisa bangkit di masa pandemi ini," kata Andi Lukman.

Baca Juga : KKN Tematik Unhas Awasi Penerapan Protokol Kesehatan Pilkada Serentak 2020

Selain itu, katanya, mahasiswa peserta KKN juga ditugaskan untuk membantu pemerintah di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk mengedukasi dan menyosialisasikan terkait bahaya COVID-19. Dengan demikian, pihaknya berharap masyarakat bisa lebih waspada dan taat pada protokol kesehatan sesuai dengan imbauan Pemerintah Kota Makassar.

"Kegiatan KKN Tematik Unhas gelombang 106 Kelompok Rappocini ini diharapkan mampu membawa dampak positif pada masyarakat Rappocini serta membantu dalam pengimplementasian program Makassar Recover yang tentunya harus sesuai dengan protokol kesehatan," demikian Andi Lukman.

Mahasiswa KKN Tematik Unhas gelombang 106 Kelompok Rappocini sendiri terbagi atas tujuh kelompok yang masing-masing akan berkegiatan sesuai dengan pembagian kelurahan masing-masing. Program KKN Tematik Unhas gelombang 106 akan dilaksanakan dengan sistem hybrid, yaitu memadukan sistem luring dan daring.

Baca Juga : KKN Tematik Unhas Awasi Penerapan Protokol Kesehatan Pilkada Serentak 2020

Adapun bentuk program kerja mereka meliputi empat kelompok, masing-masing program kerja mitra KKN, program kerja berbasis kompetensi mahasiswa, program kerja berbasis pompetensi peserta KKN, serta program kerja donor darah yang akan berkerja sama dengan PMI yang peserta KKN akan menjadi fasilitator.

#kecamatan rappocini #Universitas Unhas #KKN Tematik Unhas